Monday, April 04, 2011

1st of April 2011 Class at a Glance (8): Z-Dodd (6-10), Circuit & Packet


CaaG minggu lalu adalah menuntaskan bahasan wajib dari acuan Anabell Z. Dodd. Lanjutan dari bahasan sebelumnya, khususnya untuk cuplikan bab 6 sampai dengan 10.

Materi “Layanan Jaringan Terspesialisasi” dari Bab 6, meski ada beberapa layanan lain yang termuat di buku, namun fokus bahasan hanya pada layanan ATM, SONET dan DSL..

Selanjutnya dibahas “MODEM dan Peralatan Akses” yang sesuai dengan judul membahas aspek terkait modulator demodulator dan beberapa DCE lainnya seperti NT1s; CSU / DSU; Modem PCMCIA, Modem kabel, dan Set-top boxes.

Bab Internet dibahas dari mulai sejarah Internet, layanan Internet, WWW, HTML, Hosting (ada yang ingat Co-Location?), Privasi, sampai alamat internet. Ada beberapa bagian yang hilang tidak diulas, seperti Intranet & Extranet, atau markup language lain, jadi sebaiknya pemirsa baca buku asli (atau terjemahannya) untuk lebih melengkapi cerita.

Thema Konvergensi, dalam hal ini didorong oleh kemampuan jaringan untuk memuat semua jenis lalu lintas (suara, data, dan video) sebagai sebuah paket, melalui Advance Router, DSP, Optical & Programmed Switch, Compression & Protocol, DWDM.

Terakhir dibahas Layanan Wireless mulai dari teknologi analog AMPS sampai berbasis digital seperti D-AMPS, GSM, CDMA, PCS, SMR, dan CDPD. Selain itu turut diulas pula pula spectrum allocation, 2G-3G Transition, Paging dan Satellite Service.


Sessi kedua dari klas minggu lalu, di bahas aspek teknologi dengan thema” platform Jaringan” khususnya di industri telekomunikasi dengan cakupan Circuit Switched dan Packet Switched. Jaringan berbasis circuit switched diwakili oleh PSTN dan STBS, dengan mengulas antara lain struktur jaringan, hirarki sentral, dan prinsip dasar mekanisme komunikasi. Sementara pada jaringan berbasis packet switched yang diwakili oleh jaringan IP melalui LAN, WAN, dan Global Internet, dibahas tahapan pengiriman informasi dan ulasan mengenai connection oriented berbasis jaringan IP.

No comments:

Post a Comment