Wednesday, November 16, 2005

121105-Class Overview

Mungkin dua minggu dengan status off sedikit mem’brain-wash’ saya dari urusan-urusan duniawi (asal bukan men’drained-wise’ saja lah). Karena ada yang menarik dari minggu lalu, ketika salah seorang dari partisipan bertanya tentang media ini dengan pertanyaan “blog nya ada yang baru nggak pak?”. Yang saya dengar “blok nya ada yang baru ?” sehingga bikin sedikit terbengong-bengong, blok apa ?. Blog dan blok memang nggak jauh beda dari indra pendengaran, tapi mustinya term blog lebih dekat dengan konteks “pergaulan” kita. Saking lelapnya cuti, istilah blog pun jadi sedikit terbenam di otak.

Kelas mingu lalu diawali dengan pembahasan tugas MBCFPE, sebenarnya bahkan sebelum kelas benar-benar dimulai. Jadinya beberapa menit dihabiskan dengan kerangka kerja tugas tersebut. Ini mungkin saking lelapnya partisipan libur sampai lupa tugas minggu ini.

Tidak jauh beda dari dua minggu lalu, yang di niatkan buat ngebahas “Strategy Process” dan satu materi lain, minggu lalu pembahasan kasus juga tergeser lagi. Salah satu drivernya, materi itu sampai minggu lalu juga belum dibaca partisipan !!, mungkin perlu bikin strategi perubahan, ada ide ?.

Materi yang disampaikan akhirnya hanya bab-1 dari ECM nya Dan Sullivan. Sebelumnya dibahas perbedaan antara Change Management dari perspektif Manajemen (Bisnis) dan Change Management yang fokus di aspek sistem informasi.

Kembali ke pertanyaan partisipan tentang media ini. Komentarnya “Does it really works?”, kadang situasinya seperti analogi “sumur tanpa dasar”. Meski teriak namun tak ada gaung nya, kalau pun ada, agak sayup dan pendek. Boleh jadi konten nya diserap dengan amat sangat sempurna sehingga tidak ada yang terpantul, jadi mirip lubang hitam. Tapi untuk situasi ini, gaung yang berpantulan dan beragam bisa membuat sebuah sumur lebih menarik buat di-teriaki (atau di-katsu ?) sehingga bisa didengar umpan baliknya.

No comments: