Monday, February 18, 2008

Welcome aboard EL-102

Selamat datang ..... khususnya bagi pemirsa EL-102.

Seharusnya sebelum klas (tiap hari Sabtu jam 07:00 WIB) dimulai, posting ini sudah memberikan pendahuluan awal tentang bagaimana dan apa dari lingkup, rencana, dan segala tetek bengek Industri Telematika. Namun sayang, saya baru bisa submit setelah minggu ke-3 dari klas offline/tradisionil/face2face atau tepatnya klas riil, mohon maaf.

EL-102 relatif baru buat saya, seperti juga awal dari mata kuliah lain yang hampir relatif baru dalam artian bukan mata kuliah yang harus saya berikan berulang-ulang di setiap semester. Namun dari judul dan lingkupnya seharusnya bukan hal yang baru, khususnya dari sisi pengalaman kerja yang tidak jauh berbeda dari industri telematika/infocom.

Sesuatu yang baru, yang bisa saya ambil adalah rujukan text book dari institusi yang relatif memberikan masukan dan wawasan khususnya untuk bahan kuliah. Referensi yang diacu adalah :

  • Tarik M. Khalil, Management of Technology; Mc Graw Hill, 2000
  • Annabel Z. Dodd, The Essential Guide to Telecommunication (3rd Edition), Prentice-Hall, 2001

Beberapa referensi lain (produk lokal) belum saya pastikan jadi acuan, alasan utama hanya karena saya belum dapat bukunya. Tapi ada tambahan referensi yang menurut saya cukup relevan yaitu :

  • Porter, M.E., Competitive Strategy, The Free Press, New York, 1984

Dari informasi pemirsa, ketiga buku ini sudah tersedia di perpustakaan kampus, jadi minimal tidak ada alasan lagi buat pemirsa untuk berdalih belum baca.

Sisanya (bisa jadi 60%), referensi yang praktikal diberikan dari sumber-sumber luar, antara lain dokumen regulasi, best practice, berita dan artikel lepas, hasil kajian dan analisa atau report dari pelaku bisnis di industri telematika.

Jadi mulai sekarang, dicoba lebih concern dengan issue dan berita yang terkait dengan industri telematika. Kalau perlu, bisa diajukan sebagai bahan diskusi baik di klasmaya atau klas riil.

Selamat bergabung…

No comments: