Thursday, May 14, 2009

Final Test Result

Sekira dua hari lalu penilaian UAS untuk sessi 2009 rampung. Secara umum, perolehan nilai kurang menggembirakan. Dari sekian soal pilihan, tidak ada satupun yang menjawab benar lebih dari separuh pertanyaan. Hitungan ”quick count” menunjukkan perolehan tertinggi top markotop dari 60 soal hanya dicapai pada angka 28, tidak ada satupun yang melebihi 50% atau di angka 30 apalagi menembus tiga perempat jawaban benar (45 soal dijawab benar). Yang menarik, angka-angka ”tinggi” tersebut relatif didominasi oleh peserta siswi. Mungkin ada korelasi dengan aspek rajin membaca.

Perolehan terendah dicapai pada angka 11 poin, bayangkan less than 20%. Jika nilai perolehan dicluster dalam 4 kelompok, dengan batasan ”<"15,15-20,20-25,25-30” diperoleh angka pangsa klas berturut-turut sebesar 16%, 48%, 24% dan 12%.

Boleh jadi soalnya terlalu sulit, banyak jebakan, atau membingungkan. Tapi dari analisa mining, soal yang tidak seorangpun bisa menjawab hanya ada 2 soal, meski demikian tidak ada satu soalpun yang bisa dijawab oleh semua peserta. Jumlah soal yang bisa dijawab oleh lebih dari seperempat peserta hanya ada 15%. Sehingga (lagi-lagi) kalau kita kaji dari clustering soal yang masing-masing bisa dijawab oleh 0, 1-5, 5-10,10-15, >15 peserta adalah sebesar 3.33%; 25%; 40%; 16.67%; dan 15%.

Dari ulasan diatas, dapat disimpulkan sebagai hasil yang kurang menggembirakan, entah akibat terkena dampak krisis, atau swine stuff. Sampai saat ini, angka nominal yang benar belum dikonversikan ke nilai standard, karena saya masih mencari angka yang pas yang dapat merepresentasikan maksimal. Umumnya adalah diukur dari rasio ”benar” terhadap total soal. Namun untuk penilaian ini, saya akan coba di faktor kan dengan satu angka sebagai adjustment.
Untuk memperkecil resiko penilaian yang relatively kurang semangat, mungkin ada yang mau kasih opini buat perbaikan nilai? Silakan disampaikan melalui komentar sebagai media uneg-uneg.

4 comments:

Grace - 1308008 said...

gimana kalau dibagi 30 aj pa nilainya? hehe (ngarep)...atau waktu dikonversikan ke nilai huruf, diturunkan nilai standarnya pa..soalnya ga kebayang nilai huruf kita kaya apa..T_T
kalau memang tidak memungkinkan..yah, kami minta kebijaksanaan bapak aja deh..^^

terima kasih pa..

Anonymous said...

Sangap-1308004
waduh... kecewa jg dgn nilai saya, pa... soal ujiannya banyak menjebak ditambah kurang belajar, soalnya banyak banget yg harus dibaca. kalo bisa kedepan soalnya essay saja. meskipun ga bisa jawab setidaknya kita bisa kasih pendapat sendiri. jadi meskipun salah, masih ada nilai (upah nulis & berpikir). kalau pilihan ganda, kalo salah, ya salah & ga ada ampun (no mercy). semoga bs jadi masukan untuk bapa. terima kasih

Abu Miqdad said...

Nilal akhir bisa dilihat di posting teranyar... hasilnya masih ada yang dapet excellence kan? lebih dari satu lagi ... siapa orangnya ? tunggu aja lapran resmi dari KPU eh BAAK....

So don't worry be happy ....

Hidup kan nggak cuman dilihat dari result aja... proses pun punya andil dan pengaruh...

Tetap semangat ..

Grace-1308008 said...

wah pa jadi tegang nunggu nilainya..hehe..

makasih y pa..ga nyangka masih bisa ada yg dapet A..hehe..

thx for everything..