Sunday, January 30, 2011

29th of January Class at a Glance: Introduction

Sessi minggu ini merupakan sessi perdana dari season EL-102 tahun 2011. Sebagai sessi awal, dibahas materi pendahuluan yang mengulas perkenalan, text book yang disarankan, dan media klasmaya yang diposisikan menjadi media alternative untuk klas. Selain itu disampaikan juga aspek lingkup yang membahas segmen industri mulai dari Fixed Wireline Access, Cellular, dan Fixed Wireless Access; Pay TV; Internet / Broadband Access; ASP (Cloud Computing); Content Provider; dll. Contoh beberapa pemain di industri telematika juga dipaparkan untuk lebih memahami lingkup industry. Sayang slide “player” ini belum diupdate sejak dua tahun lalu, padahal saat ini mungkin ada beberapa perusahaan yang bisa dikategorikan sebagai pemain baru di industry telematika.

Issue-issue seputar terminologi dan case sedikit dibahas untuk membuka pandangan dan wawasan seputar industri telematika / Infocomm / ICT. Beberapa bahasan menjadi materi PR saat belum terjawab dalam pembahasan dan diskusi di klas.

Sessi Pendahuluan membahas juga perkenalan awal dari 5 Forces Porter dan Analisa Portfolio sebagai tools untuk memahami industri dan wawasan strategi bisnis. Selain itu aspek lain yang terkait seperti populasi, ICT demand, serta pertumbuhan pasar diulas sebagai awal perkenalan terhadap market di industry telematika. Lagi-lagi persoalan update menjadi sedikit ganjalan dalam presentasi, namun hikmahnya persoalan ini bisa menjadi ide untuk menjadikannya sebagai PeeR di minggu depan.

Seperti yang sudah dijanjikan sebelumnya, materi presentasi bisa diunduh disini.

Sebagai PeeR minggu depan, seperti yang sudah disampaikan pada pertemuan lalu dan sedikit di sentil disini adalah sebagai berikut:

1. ASP => Cloud Computing, jadi PeeR yang di anulir karena terjawab di menit-menit akhir sessi kuliah kemarin
2. Sebutkan Limited Resource yang menjadi issue khas perusahaan telekomunikasi.
3. Update Pelanggan Internet di Indonesia yang kalian bisa dapatkan di situs APJII atau media berita.
4. Tambahan yang belum di bahas di klas kemarin, Update slide “Player” yang kalian bisa bebas tambahkan dalam bentuk kumpulan logo perusahaan yang menurut kalian bermain di industry telematika.

4 comments:

Andrian Irawan said...

link buat download bahan presentasinya mana pak?

Abu Miqdad said...

Maaf, ternyata ada kesalahan link untuk fungsi unduh dokumen. Namun sudah diperbaiki, sekarang bisa langsung di coba saja dengan meng'klik gambar dokumen yang terpampang di posting ini.

Terima kasih infonya. Yang lain belum pada coba unduh gitu ?, kok hari gini baru ketahuan.

Selamat mencoba.

Andrian Irawan said...

sekarang sudah bisa pak.
sama-sama pak.
sepertinya belum pak, nanti saya kasih tau yang lainnya.

Andrian Irawan said...

pak mau nannya kalo untuk tugas ini dikirim ke email bapak atau diprint?