Friday, July 29, 2011

Kicauan burung Twitter

Diluncurkan lima tahun lalu pada 13 Juli 2006, Twitter sudah menjadi salah satu situs jejaring sosial besar di dunia.

Pihak Twitter mengatakan rata-rata 200 juta kicauan dikirimkan melalui pengguna setiap harinya. Pertengahan Juli di tahun ini sempat terekam sebanyak 350 milyar kicauan (tweets) yang dikirimkan pengguna Twitterdalam satu harinya. Jika dilihat dari pertumbuhannya, Januari 2009, pengguna mengirimkan 2 juta tweets setiap harinya dan setahun kemudian, pengguna mengirimkan 65 juta setiap harinya, pada Juni tahun ini jumlah kicauan menembus 200 juta. Grafik dibawah ini memperlihatkan pertumbuhan yang hampir mendekati exponensial.

Twitter adalah layanan mobile yang membantu komunitas bertukar pikiran dengan SMS dengan konsep yang disebut Jason Goldman (Manajer Produk dari Blogger) "blogging present tense." Cara ini menyenangkan untuk digunakan karena strip blogging sosial memberikan esensi.

Selain celotehan, twittter sering juga dipergunakan sebagai news feeds atau semacam RSS. Judul dan cuplikan berita dapat langsung dibaca dari media sebagai pancingan untuk masuk ke situs nya. Sehingga tuit dari media lebih banyak satu arah, meski bisa jadi trigger untuk dikomentari dan jadi bahan diskusi.

No comments: