Tuesday, October 03, 2006

290906 Class at a Glance (+ New Assignment)

Minggu lalu, meski terlambat lebih dari seperempat jam, namun sessi off-line tetap berlangsung. Pembahasan menuntaskan materi dari HO-3 tentang QFD dari Buku Dieter dan artikel yang membahas penggabungan QFD dengan Use-Case dengan contoh Mega Motor. Hanya saja sangat disayangkan meski artikel sudah di share lewat klasmaya lebih dari seminggu sebelumnya, tetap saja pemirsa tidak mempersiapkan materi itu.

Tugas minggu ini terkait dengan proses kreativitas dan inovasi untuk men’generate idea dan product concept. Tugas terkait dengan perancangan product yang bisa diklasifikasikan gadget yang memanfaatkan jaringan W-LAN atau WiFi.

Seperti contoh penerapan QFD dan Market (Customer) Based Product Development, tugas harus didahului dengan pemilihan segment pengguna (meski bukan berarti segmen yang lain tidak diperhatikan) dan kebiasaan & kebutuhan dari segment tersebut yang disolusikan dengan fungsi dan penggunaan konsep produk yang di propose. Mekanisme dan metode yang pernah disajikan dari materi kelas sebelumnya bisa diterapkan dalam tugas ini, kalau pun ada metode lain boleh-boleh saja sepanjang tidak menyimpang dari maksud dan tujuannya.

Tugas dilengkapi dengan gambar disain yang bisa memvisualisasikan penggunaan dan pemanfaatan feature dari product tersebut. Penjelasan sudah tentu menjadi keharusan untuk memberi pemahaman dari ide dan konsep produk. Terakhir, untuk lebih memberikan hubungan yang erat, produk harus diberi nama. Penamaan terserah pemilik ide, namun untuk branding produk, penamaan sebaiknya dibuat semenarik mungkin dan unik.

Minggu depan akan kita coba lihat sejauh mana kreativitas ide menjadi pembahasan yang semoga menarik.

No comments: