Monday, October 02, 2006

Opini Akamai & Inktomi

Tulisan ini disarikan dari tugas yang masuk, setelah dilakukan sedikit editing. Beberapa partisipan memberikan pure & original opinion, namun sebagian yang lain memberikan opini yang nampaknya sulit diterima untuk disebut ”coincidentally similar”. Beberapa yang lain, meski sudah memberikan tugas dan opini, namun masih belum cukup mantap untuk di publish. Sengaja nama (order abjad) ditampilkan untuk memperlihatkan transparansi sekaligus reward & penalty dari pemirsa lainnya.

Deni
Antara Product dan service memiliki keuntungan dan kerugian masing –masing tergantung dari kita untuk meminimalisasi kerugian dan memaksimalkan keuntungan karena saya lihat dari inktomi dan akamai mempunyai keunggulan masing –masing

Derly
Akamai dan Inktomi merupakan Market Leader yang bergerak dalam bidang peningkatan kecepatan ....website. Persamaan dari kesuksesan ... adalah sama-sama harus bisa membuat dan mempromosikan kreasi dari suatu aplikasi yang baru

Devandy
Menurut saya, bisnis akses Web merupakan bisnis yang dapat menguntungkan dengan cara memilih model bisnis yang tepat dan melengkapi segala bentuk kekurangan bisnis dengan cara menjalin hubungan dengan hubungan supplier …. Juga memperhatikan unsur-unsur penting dalam sebuah bisnis seperti pengeluaran dan pemasukan, keinginan konsumen dan pelanggan, dan masih banyak lagi.

Ditya
... baik produk maupun service memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Produk memiliki keunggulan karena sistem itu sudah terbukti kehandalannya. Tetapi marketnya terbatas tidak sebanyak service karena sasaran dari service adalah para developer content yang jumlahnya tentu lebih banyak dibandingkan penyelenggara jaringan internet. Kelemahan dari service adalah kadang-kadang pasarnya sendiri tidak menentu.
….komparasi model ini adalah ..industri game. Pada model bisnis produk contohnya adalah .....game ..offline. Sedangkan …service adalah game …on-line, karena pada game jenis ini user/konsumen tidak dituntut untuk membeli produk game tersebut. Produknya justru gratis, …konsumen hanya membeli voucher untuk dapat memainkan game-nya sebanyak yang dia inginkan.


Edi
... pada awalnya saya mengira perusahaan ini berasal dari Jepang, karena namanya yang khas. Ternyata dua perusahaan besar ini....merupakan perusahaan yang menggeluti bidang yang sama, tetapi dengan menjual hal yang berbeda. ... sangat jelas terlihat dalam ilustrasi gambar pada sampul artikel.
Saya memiliki dua pandangan. Pertama, dengan background dan history yang mirip dua perusahaan ini bisa bergabung, dengan menjual produk yang sekaligus memberikan layanan (service) pada produk yang mereka jual.
Kedua, mereka tetap sebagai perusahaan yang berbeda dengan mengembangkan dan memperkuat bidang mereka masing-masing. Misalnya bekerja sama untuk meng-handle suatu custumer dan berbagi custumer yang sudah menjadi client masing-masing. Sehingga pangsa pasar mereka akan lebih luas deangan kebesaran brand masing-masing.


Johannes & Yando
… saya lebih memilih pejualan produk daripada penjulan service. Alasan saya: Fixed costnya lebih rendah, berarti biaya operasionalnya lebih kecil sementara keuntungan akan bertambah seiring dengan perkembangan bisnis tersebut; Kemungkinan pendapatan yang lebih besar. Resiko kompetisi yang lebih rendah (lisensi); Kemungkinan untuk modifikasi produk ...untuk menambah fungsi; Klasifikasi produk. Produk dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan daya beli konsumen.

Nathanael & Eric
...menurut saya lebih baik Perusahaan Akamai,karena ..data informasi pelanggan yang merupakan informasi krusial untuk setiap perusahaan, baik rekanan maupun Akamai sendiri, dan informasi ini dapat memberikan jaminan pada Akamai apabila perusahaan rekanannya memutuskan untuk tidak lagi bekerjasama dengan Akamai.
Pada Inktomi, kesulitan ada pada persaingan bisnis, suatu produk tidak akan bertahan lama, entah harganya jatuh atau muncul produk baru yang lebih baik.Lagi pula Inktomi tidak mempunyai jaminan apapun yang dapat dijadikan pegangan oleh perusahaan yang akan bekerjasama….

No comments: