Friday, October 31, 2008

25th October 2008 Class at a Glance : QFD more detail and discuss some articles

.
Posting kali ini telat cukup lama juga. Semestinya ulasan klas minggu lalu disubmit a couples of day after the class tapi tampaknya baru a day before the next one. Sebenarnya rencana klas minggu lalu akan dibahas materi yang diambil dari beberapa artikel yang pernah disubmit di Klasmaya dan materi dari Dieter bab 5. Namun atas permintaan audiens, di awal klas dibahas lebih detil dari flash video nya QFD yang semestinya jadi rujukan buat PR hari itu. Bahasan QFD yang juga sudah saya email beberapa hari lalu untuk lebih memperjelas rujukan, spent almost half of class time, though I think its worthfull. Walhasil rencana buat bahas materi kedua mengalami penundaan even jadi tugas baca buat klas minggu depan. Tapi tampaknya jadi kurang optimal pula jika posting materi bacaan baru muncul menjelang klas berikutnya mulai.

But let us look at the bright side, mungkin gara2 telat ini jadi bikin pemirsa lebih fokus nyelesaiin PR QFD minggu ini. Moga-moga klas sabtu mendatang tidak ada alasan lagi penundaan PR QFD.

Materi bahas artikel mengacu pada artikel dan buku dari A Whole New Mind; How to Design the Perfect Product ; The Beauty of Simplicity dan Ten Google Golden Rules. Kecuali bukunya Daniel Pink dan 10 Rules, materi lengkap sudah disubmit di Klasmaya.






Aspek Story dari Six Senses (Design, Story, Symphony, Empathy, Play and Meaning) yang ditulis mas Pink mungkin bisa dikorelasikan dengan issue “word of mouth” nya marketing. Dengan cerita, “bikin hidup lebih hidup”, ada faktor emosional yang lebih menyentuh daripada sekedar informasi belaka. Cerita bisa diambil dari experience pelanggan yang disampaikan ke calon pelanggan sehingga bisa lebih memperkuat hasrat untuk mencoba. Industri jajanan / cafe di Bandung tidak terlepas dari word of mouth marketing, yang bahkan local residence pun belum tentu tahu.



Materi Dieter Ch. 5 sebagai pengganti text book yang belum dibeli atau di copy bisa dibaca sebelum klas besok.

No comments: