Tuesday, June 08, 2010

EL-102 Blog Produktivity Rate

Kalau saya bandingkan produktivitas posting di klasmaya, patut bersyukur, tahun ini ada peningkatan dari sisi kuantitas dibandingkan dua tahun sebelumnya. Jika diukur dari rerata, terjadi peningkatan sekitar 85% dari sebelumnya di kisaran 5.3-5.5 menjadi 10 point, kalaupun bulan Januari diabaikan, peningkatan juga masih cukup signifikan dari rerata 6.4 dan 6.6 di tahun 2009 dan 2008 menjadi 10.6 di tahun ini, atau setara dengan 63% growth.


Namun demikian, terlihat pada grafik bahwa aktivitas posting cenderung seasonal, dengan puncak di tengah periode belajar mengajar, artinya belum ada konsistensi produksi yang merata.

Data diatas baru dilihat dari aspek kuantitas, sedangkan aspek kualitas perlu dilakukan kajian mendalam melalui jumlah posting komentar, survey, persepsi pemerhati klasmaya atau mungkin pergukuran dari sisi traffic. Diperlukan cara-cara yang mudah dan murah untuk mengukur satisfaction index atau indicator lain yang setara serta memperlihatkan persepsi pemerhati, ada usulan ?

No comments: