Tuesday, April 29, 2008

26th April 2008 Presentation Time : Public Network; Analog&CableTV Modem

.
Sebelumnya saya pikir masih kurang 3 topik lagi yang belum dipaparkan, ternyata hanya tinggal 2 kelompok yang minggu lalu memaparkan bahasannya. Namun karena beberapa partisipan khususnya anggota kelompok tersebut terlambat hadir, klas dimulai dengan diskusi (brain storming) tentang pricing di industri telekomunikasi.

Dari hasil diskusi tersebut, ada dua model penetapan pricing. Model pertama terkait dengan tarrif cap yang ditetapkan regulator, Cost of Good Sold (COGS) dari operational business, harga di pasar dan target revenue perusahaan yang berdampak pada margin dan price yang ditatapkan. Model kedua mengacu pada ARPU (Average Revenue per User) yang secara sederhana merupakan turunan dari angka Revenue (Sales) dengan total jumlah pelanggan. Namun bahasan ARPU belum sampai ke price, diskusi harus dihentikan untuk mulai sessi presentasi dari kelompok 5 dan 7.

Topik Public Network jika kita acu ke bab-5, pada dasarnya membahas perbedaan antara layanan terhubung dan layanan dedicated (jalur privat).Atribut layanan terhubung antara lain : Pengalamatan; Bayar sejauh anda pergi; Tarif pos; Sesuai tuntutan; Segera; Layanan Terhubung untuk Data; dan Penghubung rangkaian-ketidak efisienan jaringan; dipaparkan dalam bahasan tersebut. Sementara untuk atribut layanan Dedicated : Biaya bulanan tetap; Rute tetap; Penggunaan eksklusif; Ketersediaan 24jam sehari; Suara,video dan data; serta Kapasitas tetap. Bahasan lain terkait dengan topologi jalur dedicated, meski konten pensinyalan (SS7) tidak diulas pada paparan.

Kelompok 7 memaparkan tentang Modem dan Peralatan Akses. Bahasan meliputi Data Circuit-terminating Equipment (DCE), antara lain : Modem; NT1s; CSU / DSU (Data Service Unit); Modem PCMCIA, Modem kabel, Set-top boxes.

Pertemuan offline (tatap muka) tinggal satu kali lagi. Mungkin klas berikut akan lebih banyak me’review seluruh pertemuan sebelumnya, sekalian bahasan kisi-kisi UAS. So be there or be behind.

No comments: