Monday, April 07, 2008

29th March 2008 Class at a Glance : Business Process

For the sake of document management, mulai saat ini posting CAAG perlu di imbuhi dengan judul materi pembahasan.

Kelas di dua pertemuan lalu, telah dibahas materi Business Process dengan mengacu pada Best Practices dari Enhanced Telecom Operation Map (eTOM). Sebenarnya konten ini materi cadangan kalau-kalau partisipan belum siap buat paparan tugas A Z Dodd, dan ternyata benar adanya, belum satupun kelompok yang siap memaparkan tugas.

Materi Bisnis Proses ini juga menjadi konten yang diacu beberapa mata kuliah yang saya bawakan, jadi di Klasmaya ini pun sebenarnya pernah di submit materi serupa.

Pembahasan meliputi Sekilas Proses Bisnis (intro, tujuan), Trend Proses Bisnis di industri Telekomunikasi, Sekilas Tele Management Forum sebagai penggagas eTOM, Sejarah eTOM, serta framework eTOM dari level 1-2, dan khusus untuk modul Marketing & Offer Management dibahas sampai level 3 sebagai contoh.


Materi ini sebenarnya untuk memberikan wawasan lingkup proses bisnis di industri telekomunikasi. Sehingga pemahaman tentang hubungan dengan supplier dan pelanggan yang menjadi value chain suatu perusahaan menjadi jelas.

Proses seperti pengelolaan pelanggan mulai dari sisi Customer Interface Management, selling, order handling, problem handling, service management, billing & collection, sampai ke program retensi dibahas dalam eTOM. Mungkin materinya bisa lebih dikupas di mata kuliah CRM. Minimal bagian ini menjadi rujukan suatu operator telekomunikasi dalam mengelola pelanggannya.

Modul lain silakan dikaji di handout berikut.

No comments: