Monday, September 15, 2008

13th September 2008 Class at a Glance : New Product Development & Design Process

.
Klas minggu ketiga pada dasarnya melanjutkan materi bahasan minggu sebelumnya yang dominan mengacu ke bukunya Dieter bab-1. Aspek NPD yang lebih banyak terkait dengan proses dibahas disini. Seperti pada umumnya proses bisnis lainnya, proses ini juga meliputi tahapan-tahapan yang “secara umum” ada di pengelolaan NPD. Secara umum disini artinya, proses yang disampaikan relative praktikal di industri meski bukan berarti urutan proses tersebut mutlak persis seperti itu. Dalam pembahasan juga disampaikan bahwa beberapa perusahaan melakukan parallel proses, penggabungan atau penghilangan proses seandainya diperlukan.



Sessi kedua membahas aspek disain proses lebih detil. Mulai dari definisi, morphology, dan methode yang boleh dibilang cenderung lebih teoritis mengacu ke text book. Untuk menyeimbangkan wawasan NPD terkait dengan industry best practice, saya lampirkan artikel dari Business Week dengan judul “Camp Samsung” yang dibahas di klas minggu lalu melengkapi artikel sebelumnya.

Biar nggak jenuh dengan pendekatan teoritis, minggu lalu disimulasikan juga tahapan idea generation untuk usulan produk di terkait dengan fasilitas akses broadband di rumah. Beberapa usulan sudah disampaikan, mungkin lebih bagus kalau dibahas minggu depan. Sembari menunggu itu boleh lah baca-baca handout minggu lalu plus tambahan artikel dari Samsung. Kalaupun ada homework, saya akan sampaikan di klamasya minggu ini.

No comments: