Saturday, December 06, 2008

5th December 2008 Class at a Glance : The Business Model

Seperti yang sudah diinformasikan sebelumnya, berhubung sejak tanggal 6 sampai 16 Desember saya harus melakukan perjalanan ke luar negeri, kuliah dimajukan ke tanggal 5 Desember (sebelumnya direncakan tanggal 3 Desember namun dibatalkan karena saya harus menghadiri rapat di Jakarta). Sebenarnya keberangkatan saya juga pada akhirnya digeser menjadi hari Minggu tanggal 7 Desember, tapi toh jadwal pengganti sudah ditetapkan. Meski sudah direncanakan dan dijadwal ulang beberapa kali, toh kuliah pengganti yang semula dijadwalkan pada pukul 17:00 sempat terlambat lebih dari setengah jam gara-gara lupa dan terbenam pekerjaan untuk mengantisipasi selama 10 hari kedepan, untung salah seorang partisipan dari kalian mengingatkan saya.

Pembahasan klas sebagaimana di rencanakan semula mengulas materi tentang Model Bisnis, khususnya model yang berbasis web. Materi ini saya ambil dari situsnya Prof. Michael Rappa . Jadi sebenarnya tanpa handout materi, kalian bisa akses langsung di situs tersebut. Kalau toh di posting kali ini disediakan juga handout seri terakhir Klas 2008, kalian masih bisa menengok situsnya Rappa untuk lebih memperjelas dan meng’elaborasi bahasan model bisnis.

Pada dasarnya bahasan di klas kemarin lebih mengulas 9 kategori model bisnis yang berhasil diidentifikasi Rappa. Kategori tersebut antara lain Brokerage, Advertising, Infomediary, Merchant, Manufacturer (Direct), Affiliate, Community, Subscription, dan Utility masing-masing dengan penjelasan ringkas dan contoh web sitenya.

Business Model meski bisa dilihat di posisi “beyond product development”, namun seperti yang sering dibahas sebelumnya, pada saat produk baru yang menjadi “main revenue generator” suatu perusahaan khususnya di industri telematika, produk tersebut akan sangat terkait dengan model bisnis yang menjelaskan bagaimana suatu perusahaan memperoleh keuntungan dari aspek finansial.

Sessi terakhir yang seyogyanya saya menerima “a list of possible question for final examination” nampaknya belum terealisir, walhasil saya harus menunggu email dari kalian. So, I look forward to receive your email soon.

Sebagai persiapan untuk UAS, materi semua sudah disampaikan lengkap dengan handout nya di klasmaya. Biasanya open book, though not include laptop or even cellphone, jadi persiapannya hanya baca biar tahu posisi topik nya dihandout mana.
Sampai jumpa di UAS.

No comments: