Sunday, October 25, 2009

24th October 2009 Class at a Glance : (7) Marketing

Klas 24 Okt lalu nampaknya jadi klas yang paling sepi, karena beberapa partisipan pada hari itu mempunyai kesibukan terkait dengan graduation day. Kalau tidak salah hanya dihadiri 4 partisipan, tapi the show must go on.

Tadinya saya berencana membuka sessi presentasi dari PR minggu lalu terkait dengan perbandingan produk. Namun melihat kondisi yang hadir, rencana tersebut dibatalkan, mungkin minggu depan dapat kita tampilkan bersama (mohon diingat itu).

Sessi klas minggu lalu dibahas materi Marketing sebagai bagian yang tidak terpisahkan dari pengembangan produk. Topik ini sebenarnya cukup luas, beberapa jurusan bahkan menjadikannya dalam beberapa mata kuliah wajib. Namun untuk mata kuliah pengembangan produk, bahasan marketing cukup diulas beberapa hal mendasar. Konsep dan pemahaman dasar materi pemasaran diharapkan dapat menjadi awal keingintahuan (curiousity) untuk lebih memperluas wawasan marketing yang terkait dengan NPD atau manajemen strategi.

Biasanya materi ini disampaikan untuk dua kali klas, saya berencana untuk meng’kompressi menjadi satu kali pertemuan, tapi tidak berhasil. Ada beberapa cerita kasus yang menyita waktu kuliah, disamping kegiatannya dimulai sedikit terlambat.

Sedikit melompat terkait dengan produk telematika, ulasan pemasaran dimulai dari aspek perkembangan ekonomi baru akibat pengaruh revolusi digital. Aspek ini dapat merubah atau paling tidak meng’adjust praktik pemasaran sehingga memberikan benefit baru bagi konsumer maupun perusahaan. Meski bisa pula memberikan resiko (ingat kasus IKEA dan Prita, buat yang tidak sempat hadir bisa ditanyakan pada yang hadir). Pendekatan dan jargon marketing seperti e-Business bisa menjadi salah satu contoh pemanfaatan digital. Issue Web 2.0 yang juga muncul dari praktisi pemasaran saat ini juga memicu pendekatan baru.

Aspek lain seperti target market, segmentasi, demand, channel, relationship marketing, dan enhancing value juga turut menjadi pokok bahasan. Aspek enhancing value bisa memiliki hubungan yang sangat erat dengan subjek pengembangan produk melalui alternatif raising benefit atau reduce cost atau variasi kombinasi keduanya. Saya mencoba menggambarkan dalam model matriks yang mungkin perlu ditambahkan dalam materi presentasi. Ada yang masih ingat? dan bisa bantu?

Bagian kedua yang tadinya akan sekalian dibahas, saya gabung saja dalam handout yang bisa diunduh disini. Sehingga kalian dapat baca lebih awal dan mungkin tidak perlu penjelasan lebih jauh. Bagian kedua ini lebih mengarah pada sistem informasi marketing, dengan cakupan data internal, intelligence systems, marketing research, dan decision support. Selain itu variasi basis segmentasi dalam kaitan sistem informasi juga dibahas di bagian ini.

Lebih lengkap, bisa dibaca di handout. Have a nice reading...

No comments: