Sunday, February 28, 2010

27th of February 2010 Class at a Glance

Di minggu ke empat, diawali dengan pembahasan pekerjaan rumah dengan materi market capitalization dari industri telematika di Indonesia. Ada beberapa komentar dan konfirmasi dari jawaban PR.

Selanjutnya, sebagai bagian dari evaluasi pertemuan sebelumnya, sessi ini diisi dengan Quiz. Materi quiz mengacu pada materi yang telah dibahas sebelumnya dan materi artikel terakhir yang sudah diposting di klasmaya (sebagai salah satu tugas yang disampaikan minggu lalu). Dari jawaban yang dikumpulkan dapat dimengerti bahwa bagian pertanyaan dari artikel hanya sedikit (untuk menghaluskan tidak ada satupun) yang dapat menjawab dengan sempurna. Ini menandakan bahwa meski materi referensi sudah disediakan, toh tidak menjamin untuk dibaca, apalagi beli buku referensi.

Sisa pertemuan dibahas lebih detil dari materi Industry Analysis tools yang diwakili ”5 Forces” nya Porter. Selain bahasan detil dari masing-masing Forces, diulas juga practical implementation untuk menerapkan 5-Forces melalui assessment dan scoring. Pendekatan ini diambil dari projek analisis industry dengan konsultan beberapa tahun lalu. Materi ini membedakan klas ini dengan pendekatan yang hanya membahas materi kontekstual di text book saja.

Sayangnya karena waktu terbatas, maka assessment akhirnya menjadi materi homework untuk minggu depan. Industri yang ditentukan untuk asessment dari determinant 5-Forces Porter dapat dipilih dari industri :
• Broadband Wireless Access (Wimax)
• IPTV
• Content (Game/Application/Music/Video Online),
• 3G Seluler

Assessment/penilaian dilakukan melalui opini seberapa tepat menurut anda pernyataan tersebut plus dengan tambahan komentar tentang alasan jawaban, plus untuk lebih sempurna lagi jika menyampaikan sumber informasinya. Setelah menetapkan jawaban, dilanjutkan dengan scoring dan mengkalkulasi impact rating. Seperti yang disampaikan dalam handout, perhitungan rating menggunakan pendekatan formula jumlah total scoring dibagi dengan jumlah statement yang dijawab bukan N dikali max score (2).

Selamat menganalisa....

No comments: