Sunday, September 19, 2010

iPad meng’kanibal’ NoteBook?

Awal tahun ini klasmaya mem’posting “launching iPad”, issue saat itu apakah iPad menjadi produk kompetitor dari eBook reader, laptop, atau masuk dalam genre produk baru dengan fitur multimedia nya?.

Saya belum dapat informasi bagaimana iPad mengambil market share dari eBook reader seperti Kindle Amazon, Nook B&N, atau Reader Sony. Tapi data dari riset Morgan Stanley yang di lansir situs Fast Company , tampaknya menunjukkan iPad di pertengahan tahun ini menggerus penjualan NoteBook, khususnya di US.


Meski data tersebut bisa dipengaruhi juga dari dampak ekonomi, atau lambatnya produk kompetitor lain untuk muncul sebagai produk pembanding, ataupun data yang kurang lengkap terkait informasi lonjakan di paruh kedua tahun lalu, atau boleh jadi penjualan notebook mulai berkurang akibat beralih ke piranti smartphone, namun data pertumbuhan dari hasil riset tersebut menunjukkan pertama kalinya angka growth negative di bulan Agustus 2010.

Data penjualan 3 juta unit iPad dengan harga 5 ratus dollar per unitnya sudah cukup membuktikan pengalihan pembelian laptop ke model tablet, dalam hal ini diwakili oleh iPad.

Pertengahan bulan ini Apple juga merelease ulang produk AppleTV, namun saya cari video clipnya di YouTube belum ketemu yang representative, boleh di komen kalau ada yang nemu. Komentar juga saya tunggu untuk data pengaruh iPad ke pasar eBook Reader.

No comments: