Thursday, November 25, 2010

Recap assignment of Google LabsExperiments Evaluation

Posting kali ini akan mengetengahkan hasil dari tugas kalau ga salah ke-4 tentang mengevaluasi dan mengkaji project dan experiment dari GoogleLab.

Dari beberapa paparan tugas tersebut, paling tidak ada 3 kelompok project yang digagas tim riset dan pengembangan produk Google, khususnya projek yang dipilih partisipan. Kelompok pertama “relatively” merupakan project core dari Google, sebut saja produk search engine. Pengembangan search engine untuk gambar melalui Goggles yang dikaji oleh Pirtom menjadi contoh pertama untuk kelompok ini. Project GoogleMaps (kajian Adrian Reza) yang awalnya saya kira sudah bukan lagi “project” GoogleLab, kalau boleh di kelompokkan juga dalam kelompok ini. Informasi peta, meski bukan core business, menjadi konten yang dikelola langsung oleh Google. Setelah GoogleMap dan Google Earth, project SkyMap (kajian Faisal Syururi) menjadi alternative untuk mulai melihat ke atas, mengamati langit dan bintang melalui layar computer. Saya pernah baca, Google juga sudah memberikan informasi peta permukaan laut.

Kelompok kedua berhubungan dengan strategi Google di pasar seluler melalui Android operating system. Project serupa App Inventor for Android yang dikaji Praptanta maupun evaluasi BreadCrumb oleh Risyad merupakan strategi Google untuk mempermudah pengguna membangun aplikasi kecil di gadget selulernya yang pada akhirnya mempopulerkan Android OS dan juntrungannya menambah market share produk google.

Kelompok ketiga berhubungan dengan projek yang memanfaatkan konten eksisting Google atau pengelolaan dari konten yang tersedia di Internet. Kelompok ini diwakili oleh projek semacam Google Reader Play (kajian Benny Natanael), FastFlip (kajian Aldi Rinaldi), Google Follow Finder (kajian Yeremia), GoogleTrends (kajian Reski Mapriharto), termasuk mungkin Google Transit (kajian Mangapu).

Termasuk dalam kelompok ketiga ini adalah projek atau aplikasi berbasis Android seperti Open Spot Android (kajian Syafran), Finance4Android (kajian Yunus), Google Shopper (kajian Robby Komadi) yang menggabungkan mesin pencari gambar dengan informasi dari situs penjualan online.

Ulasan lengkap bisa dibaca dari paparan yang di share (link) dalam posting ini (kalau sudah tersedia).

No comments: