Friday, November 26, 2010

Tugas akhir NPD 2010

Tidak terasa jadwal offline klas sudah tinggal beberapa kali sessi lagi (berapa yaa?). Daripada terlewatkan, posting kali ini disampaikan tugas akhir dari klas NPD (New Product Development) 2010, yang Alhamdulillah untuk kali ini sekaligus dua tugas. Bukan apa-apa, melihat beberapa nilai terakhir, terutama UTS, masih banyak yang harus diperbaiki. Mudah-mudahan tambahan tugas ini bisa me ‘recover nilai-nilai yang masih under average or even under minimum standard.

Tugas pertama sebenarnya sudah disampaikan di klas minggu lalu. Tugas ini merupakan tugas lanjutan dari tugas sebelumnya yang terkait dengan kajian dari projek dan riset Google (GoogleLab). Jika sebelumnya lebih banyak memberikan analisa, evaluasi dan usulan pengembangan melalui OFI (Opportunity For Improvement), tugas kali ini adalah mencoba membuat projek sendiri dengan asumsi di lingkungan Lab nya Google (GooglePlex).

Kalau partisipan baca posting sebelumnya (Recap), saya cenderung mengarahkan tugas akhir yang pertama ini merupakan kelompok ketiga, baik untuk lingkungan desktop maupun gadget. Artinya gagasan dan ide untuk proposal projek bisa memanfaatkan konten yang tersedia untuk kepentingan yang lebih tepat sasaran, mengelola konten lebih optimal atau bahkan menumbuhkan konten baru.

Tugas di tulis dalam bentuk proposal dengan menampilkan objektif atau sasaran dari produk atau solusi yang di tawarkan, focus segmen pengguna apa, dan bagaimana solusi dapat dijelaskan (how it works). Proposal juga dilampirkan simulasi (dapat berbentuk materi presentation yang interaktif, atau animasi dari flash, program java atau format lain yang sederhana. Yang penting adalah bagaimana simulasi dapat menjelaskan step-by-step dari kerja suatu gagasan.

Tugas kedua lebih enteng, partisipan hanya diminta menuliskan pendapat, pandangan, bisa juga konsep atau gagasan dalam subjek Pengembangan Produk Telematika. Dari sekian materi yang disampaikan dalam handout, artikel dan tulisan, selayaknya partisipan memiliki cara pandang yang spesifik dan boleh jadi unique, fresh, dan orisinil, namun bukan berarti “ngasal”. Minimal tulisan dalam 600 kata yang ditulis dalam text editor dalam bentuk file/softcopy.

Selamat berkreasi…..

1 comment:

Anonymous said...

Kami sekelompok relawan dan memulai inisiatif merek baru dalam sebuah komunitas. weblog Anda diberikan kepada kita informasi berharga untuk bekerja pada. Anda telah melakukan pekerjaan yang menakjubkan!