Sunday, May 01, 2011

30th April 2011 Class at a Glance: Valuation Model


CaaG sessi ini membahas model valuasi bisnis internet khususnya jejaring sosial, mengacu pada artikel oleh Michael Arrington yang ditulis di techcrunch.com dan beberapa artikel di situs lain yang terkait. Artkel utama sebagai rujukan bahasan telah disampaikan di posting sebelumnya.

Seperti biasa bahasan dengan materi rujukan yang disampaikan sebelumnya, diberikan quiz Pre-Class. Dari pandangan sekilas, beberapa sudah menjawab dengan sesuai meski masih secara umum, namun banyak pula yang menyampaikan dengan terlalu melebar, tidak sesuai dengan bahasan dalam artikel tersebut.

Bahasan model valuasi dimulai dengan beberapa berita tentang transaksi penjualan beberapa perusahaan di sekitar tahun 2005 sampai akhir 2007, antara lain LinkedIn, Bebo, khususnya MySpace dan Facebook yang diulas lebih detil. Aspek beriklan di internet menjadi issue utama sasaran corporate action tersebut.

Selanjutnya mengacu pada data Comscore diulas data unique visitor untuk situs berbasis social network tersebut. Bahasan ini pada dasarnya mencoba mengevaluasi nilai perusahaan dari data pengunjung dengan nilai spending market membelanjakan iklannya di internet.Dari evaluasi tersebut diperoleh point value untuk membandingkan stu situs dengan situs lain dikaitkan dengan valuasi dari transaksi pembelian yang telah terjadi.

Sebagai lanjutan dari bahasan model valuasi internet business, specially social networking, berikut disampaikan data yang bisa dijadikan latihan perhitungan, sebagai berikut :

Dari angka traffik dibawah ini, hitung total value point dari ketiga situs jejaring sosial.

Jika Tabok.com dibeli 20% saham oleh investor sebesar 500 juta, berapa perkiraan nilai (valuasi) dari kedua situs lainnya.

Ga seru kalau latihan hitungan nggak dicek, jadi sebaiknya hasil perhitungan bisa disampaikan melalui email (alias jadi PR).

Kalau Michael Arrington menggunakan data Unique Visitor, kira-kira ada masukan parameter lain yang lebih cocok ? Coba saja diusulkan lewat komentar disini.

1 comment:

Bernad Robinson H said...

Pak, peer yang tabel saya tidak sempat menuliskan soalnya,,dikarenakan terburu2 untuk mengerjakan quiz. Bapak bisa memberikan soalnya? agar bisa segera saya kerjakan. Terimakasih Banyak pak.