Sunday, May 08, 2011

Overall Review of 2011 EL-102 Season’s Class


Surprisingly, I just realized that we have ended this season. Bener-bener ga kerasa, ternyata waktu telah mendekati akhir dari semester ini. Kaget juga karena sebenarnya masih ada beberapa materi tambahan yang belum disampaikan padahal cukup bagus untuk bahasan industry telematika.

Mungkin karena beberapa kali kita kehikangan klas karena pergantian jadwal (ini bisa dikategorikan switching cost) dan ada beberapa pergantian sessi yang kelewat atau bentrok dengan kuliah lain atau mungkin pula bentrok dengan acara lain bahkan bentrok dengan “hoream” (mohon yang belum memahani istilah ini bisa di cari di Wikipedia sunda).

Issue lain seperti Long Tail, Digital & Future Lifestyle, serta rencana pembahasan Bussiness Model sebagai materi baru tahun ini ternyata meleset.

Selain itu tugas analisa industry untuk search engine, web browser, game console, atau social networking belum terealisir untuk disampaikan.

Dari sisi media Klasmaya, tidak banyak pemirsa yang berkontribusi aktif dalam diskusi melalui komentar. Specific blog sebagai media kontribusi dalam menyampaikan issue-issue dalam industry telematika juga akhirnya tidak terealisir. Dari hitung-hitungan kinerja, terjadi penurunan kuantitas materi dibanding season sebelumnya, mudah-mudahan tidak berpengaruh terhadap kualitas dari materi yang telah disampaikan.

Masih dari Klasmaya, jumlah posting relative masih dibawah tahun sebelumnya (lihat grafik dibawah), data ini memperkuat penurunan performansi di tahun ini.

Namun demikian, materi yang telah disampaikan, sudah memenuhi minimal bahasan yang menjadi materi ujian akhir minggu ini. Hasil UAS ? saya belum ambil, seharusnya tidak banyak yang terkejut karena beberapa soal pernah dibahas sebelumnya. Mudah-mudahan hasilnya tidak mengecewakan.

Tabik

No comments: