Friday, December 07, 2012

ICT for growth in Indonesia


Di sarikan dari artikel di situs DailySocial dengan judul "IDC: Teknologi Akan Mendorong Pertumbuhan Ekonomi Indonesia"


Dari laporan International Data Corporation (IDC), Indonesia diprediksi akan mengalami pertumbuhan ekonomi yang dipicu oleh berkembangnya sektor teknologi informasi dan komunikasi (TIK). Pertumbuhan investasi asing di Indonesia sebesar 22% pada Q3 2012. Dengan prediksi 15 miliar dollar US di tahun 2012.


Wall Street Journal, juga menambahkan prediksi bahwa angka ini akan melonjak mencapai 26% pada akhir tahun  dengan  rincian di sektor transportasi, logistik dan telekomunikasi, serta kertas sebagai kontributor terbesar terhadap pertumbuhan di Q3-2012.

IDC memaparkan 5 area utama yang akan mempengaruhi perkembangan TIK di 2013:

1. Meningkatnya belanja di bidang TIK pada beragam industri besar, mulai dari bidang sumber daya alam hingga ke retail dan manufaktur.

2. Layanan Data Center, dengan penggunaan yang akan meningkat secara drastis di tahun 2013.

3. Pertumbuhan Startup, meningkatnya investasi pada startup di sektor teknologi dimana para investor berlomba-lomba mencari “the next big thing”. Tahun 2012 cukup banyak pendanaan yang dikucurkan kepada startup-startup di Indonesia dari berbagai entitas baik lokal maupun luar negeri (Bukalapak  dan PriceArea oleh Gree Venture, Lazada oleh JP Morgan dan Kinnevik, UrbanIndo oleh East Ventures, atau pendanaan Stilomo dan Ifetcha dari angel investor).

4. Kebijakan BYOD, bring your own devices kebijakan perusahaan untuk mendorong pegawainya untuk menggunakan perangkat milik sendiri dalam operasional perusahaan. 

5. Perkembangan Kawasan Indonesia Timur. beragam entitas bisnis akan mencoba mengembangkan pasarnya ke kawasan Indonesia Timur selama 5 tahun ke depan. 


No comments: