Wednesday, December 05, 2012

iTunes masuk ke Indonesia.


Artikel ini di ambil dari situs www.macrumors.com yang katanya mengacu dari press release nya Apple. Satu hal terkait dengan berita ini, saya ngebayangin ada dua hal.

Pertama, Apple akan menjadi saingan berat bagi penyedia musik online dari Telkom Group yang bekerja sama dengan SK Telkom dengan brand name Melon (Melodi Online). Meski di satu sisi ada perbedaan business model, antara beli dan hak akses segudang lagu berbatas waktu, namun layanan music Apple minimal jadi substitusi yang sangat berdekatan dengan Melon. Issue device berbasis IOS juga menjadi salah satu aspek persaingan.

Kedua, bagaimana Apple akan menghadapi music bajakan yang sudah menjadi suatu hal yang lumrah di Indonesia. Aspek ini bisa jadi menjadi hal yang positif bagi legal music service seperti Melon, karena secara industri akan mengarahkan pada program-program No Piracy, khususnya dengan menggandeng pemerintah yang nampaknya masih belum terlihat upayanya dibanding pornografi.



Monday December 3, 2012 7:20 pm PST by Eric Slivka



Earlier today, we noted that the iTunes Music Store had gone live in Russia and Turkey, but now that changes have propagated throughout iTunes and we've had time to collect reports, it now appears that Apple is selling music through the iTunes Store in 56 new countries. The additions nearly double the number of countries in which the iTunes Music Store operates.

The new countries include: 

- Europe: Belarus, Moldova, Russia, Turkey, Ukraine 

- Africa, the Middle East and India: Armenia, Azerbaijan, Bahrain, Botswana, Burkina Faso, Cape Verde, Egypt, Gambia, Ghana, Guinea-Bissau, India, Israel, Jordan, Kenya, Lebanon, Mauritius, Mozambique, Namibia, Niger, Nigeria, Oman, Qatar, Saudi Arabia, South Africa, Swaziland, United Arab Emirates, Uganda, Zimbabwe 

- Asia Pacific: Fiji, Indonesia, Kazakhstan, Kyrgyzstan, Micronesia, Mongolia, Nepal, Papua New Guinea, Tajikistan, Turkmenistan, Uzbekistan 

- Latin America and the Caribbean: Anguilla, Antigua and Barbuda, Bahamas, Barbados, Belize, Bermuda, British Virgin Islands, Cayman Islands, Dominica, Grenada, St. Kitts and Nevis, Trinidad and Tobago 

Beyond music, four of the new countries have also seen Apple roll out access to movies: India, Indonesia, Russia, and Turkey. 



No comments: