Thursday, December 08, 2005

031205-Class Overview

Class-Overview minggu lalu adalah lanjutan dari sessi presentasi di 191105. Kali ini penyajian materi dibawakan oleh group-III dengan materi bab-4 dan group IV untuk materi bab-5 dari ECM.

Topik "Configuration Management" yang dibawakan oleh group-III, seharusnya topik yang paling populer dalam aspek IT Change Management selain SDLC. Mungkin case-case yang diberikan dalam digital book agak sedikit jauh dari bayangan mahasiswa SI (asumsi dibandingkan SK), sehingga kurang dibahas dengan gamblang. Model ECM dalam Configuration Management yang seharusnya sudah jelas dalam buku acuan, kurang disajikan dengan comprehensive, padahal itu harusnya jadi core pembahasan ECM. Sessi tanya jawab cukup menarik terutama pertanyaan yang menyangkut terminologi orkestra dan kapan kita harus melakukan perubahan dalam sistem konfigurasi (reconfigure).

Sessi berikutnya membahas topik ECM dalam "Enterprise Content". Belum banyak perusahaan yang mengelola konten dengan serius, namun ke depannya persoalan ini akan cukup menarik terutama dengan issue infoglut yang juga telah dibahas. Yang cukup menarik adalah pembahasan content life cycle. Satu hal yang minggu lalu kelewat dibahas, yang sampai saat ini saya sendiri belum bisa deskripsikan dengan cukup jelas, adalah tahapan repurpose (mungkin ada yang bisa bantu kasih komen?). Penjelasan kerangka model ECM sudah cukup dijelaskan untuk topik ini. Sessi tanya jawab, meski diburu-buru waktu namun cukup dinamis. Seingat saya, salah satunya menyangkut tentang pengelolaan video/audio dalam perusahaan, ada yang ingat diskusi lainnya?

No comments: