Thursday, December 08, 2005

191105-Class Overview

Update kolom Class-Overview yang terakhir ternyata edisi 121105, sekitar tiga minggu kolom ini tidak di update. Edisi 191105 yang seharusnya ada, kelewat tiga minggu, sementara edisi 261105 memang off berjamaah karena event seminar. Class Overview kali ini mungkin sedikit basi, tapi at least dapat dimanfaatkan untuk track-record pelaksanaan belajar mengajar.

191105 Class Overview seingat saya (gawat nich kalau sudah hanya mengandalkan ingatan) adalah sessi presentasi oleh group I dan II untuk pembahasan Enterprise Change Management. Group I membahas bab-2 dari buku Dan Sullivan mengenai Nature Change Management perusahaan. Pembahasannya cukup menarik, terutama karena bab ini merupakan framework ECM yang mengetengahkan model ECM yang ditawarkan mas Dan Sullivan. Komponen dalam model ECM yang meliputi Assets, Dependencies, Policies, Roles, dan Workflows disajikan oleh rekan-rekan group-I. Sessi tanya jawab relatif masih dibayangi dugaan-dugaan (terutama yang tidak mengikuti/membaca bab-2 secara langsung) mengenai binatang apakah ECM itu.

Sessi kedua dibawakan oleh group II untuk materi “Mengelola Perubahan dalam SDLC”. Presentasi, karena mengacu pada buku acuan, relatif mengulas cukup banyak tentang pemahaman SDLC, metodologi, pemilihan metodologi, termasuk software nya. Hanya saja kurang dibahas dengan jelas tentang SDLC dalam kerangka model ECM. Saya coba tengok di digital document nya memang kurang terstruktur menjelaskan model tersebut, agak tersebar dan perlu dilakukan scanning. Untuk partisipan, bisa dicoba mencari model ECM dalam SDLC. Sessi tanya jawab di sessi ini cukup hangat, antara lain menyangkut metodologi SDLC apa yang paling sesuai untuk implementasi ECM, pertanyaan yang gampang-gampang sulit karena tergantung situasi yang ada.

No comments: