Tuesday, February 14, 2006

110206-Class at a Glance

Minggu lalu, a bit full class, namun karena klas SI dua minggu sebelumnya absent berjamaah maka minggu lalu sedikit diulas bahan dua sessi sebelumnya. Mulai dari 4 klasifikasi SIS, dilanjut diskusi segitiga Anthony, dan materi lainnya. Selanjutnya pembahasan dilanjutkan ke materi HandOut ke-2 mengenai Strategic Planning Cycle dan Framework IS/IT Strategic Planning dari bukunya Tozer.

Framework sedikit kelihatan rumit dan rujit(?), namun sebenarnya basisnya adalah alignment, bagaimana menyelarasakan antara strategi perusahaan dan kebutuhan informasi & dukungan IS/IT mendatang dengan rencana strategi IS/IT, dan rencana implementasi solusinya. Tahapan studi, interview, current condition assessment, dan penetapan strategi serta pengelolaan implementasi dijelaskan dalam framework tersebut sehingga terlihat padat, kompleks dan rujit itu tadi.

Quiz pertama cukup sederhana, cukup melihat beberapa case perusahaan terkait dengan penerapan SIS. Kalau melihat sekilas dari jawaban, sekitar sepertiga dari jawaban sudah cukup memuaskan. Mungkin minggu ini kita bahas jawabannya.

Tugas minggu ini buat komentar dari artikel N. Carr, IT Doesn’t Matter, artikel ini diambil dari Harvard Business School (HBS) Working Knowledge. Sebenarnya artikel ini membahas bukunya N. Carr dengan judul yang sama tanpa "Why", promosi sekalian menjawab komentar deri beberapa analis / penulis lainnya. Cukup representatif untuk memberikan gambaran dari bukunya itu sendiri. Hari ini moga-moga sudah bisa saya kirim lewat email. Komentar bisa pro/cons, kritik, ataupun tambahan informasi lainnya. Selain artikel N. Carr, saya kirim juga 3 file lainnya, 2 file berupa hand-out dua presentasi yang sudah di deliver, satu lagi artikel dari bukunya Ward (bab-1) yang sekali lagi tolong dibaca buat yang belum. Untuk buku keseluruhan, moga-moga bisa saya bawakan minggu depan buat di foto kopi. Sekaligus pembahasan tugas kelompok untuk presentasi dari beberapa bab.

ciao!!!

No comments: