Monday, February 20, 2006

180206-Class at a Glance

Topik minggu lalu membahas IT-Business Alignment. Terminologi alignment atau penyelarasan dalam IT/IS Strategi selalu (minimal “sering”) menjadi kata kunci selain “IT Value”. Artikel yang pertama kali membahas topic ini muncul dari IBM System Journal dengan penggambaran 4 (empat) kluster dari matrik functional integration vs strategic integration. Seingat saya, dulu saya pernah dapet artikel itu dari situs IBM dan sempet saya ulas dalam suatu ringkasan, mungkin kalau ketemu bisa nambahin artikel di klasmaya.

Tulisan Henderson & Venkatraman ditambah komponen penyelarasan dari Luftman ditulis dalam buku Ward. Selanjutnya pembahasan penyelarasan saya tambahkan dari buku Boar dengan penggambaran bagaimana menerapkan penyelarasan dalam praktek. Terkait dengan topik ini, saya tambahkan pengalaman dan opini yang menggambarkan mekanisme penyelarasan strategi bisnis dan strategi IT melalui penyelarasan kegiatan/aktivitas. Hampir mirip dengan bahasan Boar dimana IT meng’enable bisnis proses sesuai key theme perusahaan.

A Game time !!.. permainan minggu lalu sebenarnya semacam simulasi yang menggambarkan bagaimana aspek-aspek dalam mendefinisikan kebutuhan, penilaian (assessment), dan perencanaan terkait dengan pengembangan strategi. Kondisi ini perlu dipahami dan dirasakan untuk mempersiapkan kebutuhan pada saat melakukan interview atau penggalian dan pengembangan perencanaan.

Buku copy-an Ward sudah saya deliver, tinggal di perbanyak, dan dibagi tugas per kelompoknya. Untuk pembagian, saya serahkan saja sesuai kesepakatan bersama (saya cuman tambahkan sedikit constraint untuk SK). Moga-moga tidak ada masalah, ... tinggak dikomunikasikan, musyawarah, dan sepakat, itu saja…..

No comments: