Monday, March 06, 2006

040306-Class at a Glance

Di minggu lalu, karena ada pengumuman pengumpulan nilai tengah semester di tanggal 18 bulan ini, sementara Quiz yang jadi PR juga cuman dikumpul oleh nggak lebih dari 3 orang, maka Quiz jadi PR kembali jadi Quiz. Soalnya terkait dengan penentuan indicator ARPU yang bisa diukur dari beberapa sudut pandang atau perspektif. Issuenya, indicator (biasanya indicator kinerja) yang merupakan turunan kesekian dari beberapa parameter bisa memiliki angka yang beragam, terkait dari definisi, formulasi maupun sumber data. Meski definisi maupun formula secara umum sama, namun saat beberapa sistem eksisting memiliki entitas parameter yang terkait, melahirkan ada pilihan sumber data yang selanjutnya ada perhitungan yang berbeda. Moga-moga minggu depan bisa kita bahas bersama.

Sessi berikutnya adalah presentasi dari kelompok-1 dengan materi Pengelolaan Portfolio Aplikasi yang mengulas tentang analisa matrik. Pembahasan mulai dari McFarlan, Sullivan sampai ke BCG. Minggu depan kita tunggu kelompok lain, moga-moga bisa 2 tim yang presentasi.

Sessi terakhir pembahasan Enterprise Information Architecture dari Zachman Framework. Beberapa materi bisa diperoleh di situs www.zifa.com. Sementara untuk Handout sudah saya kirim lewat email plus artikel dari cuplikan buku Intel mengenati IT Value.

No comments: