Friday, March 17, 2006

110306-Class at a Glance

Di sessi minggu ini, relative diisi dengan presentasi tugas dari dua kelompok yang membawakan materi dengan tema Organizing & Resourcing dan materi kedua dengan tema Managing Investment.

Dalam Organizing & Resourcing dari buku Ward dibahas antara lain IT Architecture Management dengan fungsi mengembangkan Arsitektur : Informasi, Aplikasi, Data, Hardware & Sistem Operasi termasuk Arsitektur Telekomunikasi. Pembahasan mengenai siapa yang memiliki peran dan tanggung jawab dalam pengelolaan IT juga menjadi issue termasuk 9 IS core competencies.

Beberapa riset dalam kaitannya dengan meningkatkan hubungan antara fungsi IS dengan fungsi bisnis perusahaan dipaparkan dalam bahasan ini antara lain “Market Management” dari Earl & Sampler dan “Six Steps Transformation” dari Peppard.

Presentasi kedua lebih banyak membahas pengelolaan investasi yang mencakup issue justifikasi dan menetapkan priorits investasi, termasuk issue keuntungan bagi manajemen dan aspek-aspek resikonya. Dibawah ini saya cuplik dari paparan pengelolaan investasi.

Justifying and Assessed IS/IT Investment
Facts:

  • 70% organization had no formal justification & post implementation review for IS/IT Investments (Cooke & Parish)
  • Only 50% of IS/IT Projects with formal pre-investment appraisal; Less than half of it recognized to analyzed financially. Barely 30% the outcome evaluated (Farbey).
  • Traditional financial analysis techniques still used (Ballantine).
  • Only 36% felt their IS/IT adequate to their needs in major UK Corporation.

Portfolio Aplikasi menjadi salah satu mekanisme dalam evaluasi justifikasi investasi IS/IT. Faktor-faktor “most important to do”; “capable of being done”; dan “likely to succeed” dijelaskan dalam bahasan penetapan prioritas investasi.

Kelas depan kita tunggu dua materi lain yang moga-moga tidak kalah menarik.

No comments: