Wednesday, April 09, 2008

5th April 2008 Presentation Time : Convergence & Wireless

.
Posting ini mungkin lebih cocok saya beri judul depan dengan category Presentation Time, sebagai pembeda dengan klas biasa. Minggu lalu telah dipaparkan dari kelompok 9 dengan thema / judul Convergence dan kelompok 10 : Wireless.

Kelompok – 9 dan 10 nampaknya mis-komunikasi dari penjelasan saya sebelumnya, bahwa rujukan tugas paparan ini harus mengacu pada buku AZ Dodd dari versi terjemahan dari Andi Publishing. Alasannya seperti yang pernah disampaikan sebelumnya tidak lain dari aspek equal playing field. Hanya saja sayangnya kelompok-9 merujuk pada buku asli versi tahun 2000, dimana bahasan Convergence bukan menjadi satu bagian besar (bab), hanya bagian dari judul bab lain.

Persoalan lain, menurut info dari salah satu saksi mata ;-), partisipan rada kesulitan juga untuk menemukan / mencari acuan vesi bahasa (Indonesia) di perpustakaan. Walhasil yang versi asli akhirnya yang dipakai.

Konvergensi menurut paparan kelompok-9 (materi presentasi sedikit saya edit agar file tidak terlalu besar) adalah kemampuan sebuah jaringan untuk memuat semua jenis lalu lintas seperti suara, data, dan video sebagai sebuah paket. Kemampuan jaringan ini didorong oleh : Advance Router, Digital Signal Processor, Optical & Programmed Switch, Compression & Protocol, DWDM

Sementara dalam sessi kedua, dipaparkan konten wireless mulai dari teknologi analog AMPS sampai berbasis digital seperti D-AMPS, GSM, CDMA, PCS, SMR, dan CDPD (3 terakhir ini mungkin agak asing di telinga kita). Selain aspek teknologi, paparan ini juga menyebutkan aspek pasar seluler yang terkait dengan antara lain: Efforts to Improve Service; Health Concerns; Safety on the Road; Privacy and Advertising Instructions on Cellular E911; Called Party Pays; Limited Mobility Wireless for Local Telephone Service; Wireless Number Portability; dan Limitations of Circuit-Switched Cellular for Data.

Konten lain terkait dengan wireless yang turut dipaparkan antara lain: spectrum allocation, 2G-3G Transition, Paging dan Satellite Service.

Tahniah untuk kelompok 9 dan 10 untuk kesempatan hari pertama. Pertemuan berikutnya kita tunggu paparannya, semoga bisa lebih matang persiapannya.

1 comment:

Blogger said...

Need To Boost Your ClickBank Traffic And Commissions?

Bannerizer makes it easy for you to promote ClickBank products by banners, simply go to Bannerizer, and get the banner codes for your picked ClickBank products or use the Universal ClickBank Banner Rotator to promote all of the ClickBank products.