Monday, April 21, 2008

Masih Soal Perang Tarif

.
Cuplikan artikel Kompas dengan judul "Persaingan Tarif Murah Hanya Ilusi", mungkin untuk menyeimbangkan kadar berita selain dari luar negeri yang pernah dibahas sebelumnya. Tadinya saya mau cuplik sedikit bagian saja dari tulisan wartawan kawakan Hendrowijono yang menspesialisasikan di industri telematika, namun ternyata kontennya cukup menarik untuk dilewatkan. Alhasil cuplikan (90%) inilah jadinya.

Meski seharusnya bisa di acu ke situs Kompas yang memuat artikel tersebut, namun saya agak sreg kalau di muat di sini (mohon ijin mas Hendro). Konten lebih ke perang tariff dan sedikit isu peningkatan valuasi korporasi di bagian akhir, selamat menikmati.

Jorjoran tarif yang dikesankan murah membuat silau banyak calon pelanggan. Tarif murah jadi promosi bagi operator baru untuk memikat calon pelanggan, tetapi menjadi perang tarif kalau operator besar ikutan meski promosinya berjangka (IM3 mulai detik ke-90 hanya berlaku sampai 30 April 2008).

Kebijakan operator inkamben menurunkan tarif mengguncang pasar selain di internal juga ada jejasnya. Terlalu sering mengubah tarif memengaruhi keuangan karena setting dalam sistem dan pemasaran perlu biaya besar.

Di sisi lain, tarif turun merangsang optimalisasi perangkat operator membuat biaya per lalu lintas (traffic) percakapan jadi lebih rendah. Sejak Simpati PeDe Telkomsel diluncurkan, beban perangkat di atas normal, sama seperti saat Lebaran atau pergantian tahun yang rata-rata 3-4 kali traffic harian.

Operator yang ”pas-pasan” menjadi cercaan pelanggan ketika lonjakan traffic memanaskan jaringannya sehingga banyak percakapan terputus (drop call). Risiko ini yang harus diperhitungkan operator jika akan menurunkan tarif.

Biaya percakapan mustahil murni Rp 0,0000… 1 per detik karena perangkat tidak gratis meski tingkat efisiensi operator dan optimalisasi perangkat menekan biaya operasi, terutama untuk panggilan sesama pelanggan (on net). Panggilan ke operator lain (off net) tak bisa murah sebab ada biaya interkoneksi yang harus dibayar.
Menurut survei, rata-rata percakapan telepon 40 detik, dan yang paling lama dua menit per panggilan. Karena itu, tarif kurang dari satu sen per detik tak lain ilusi jika ada embel-embel berlaku setelah sekian menit atau sekian puluh detik, atau pada jam-jam tertentu.


Iklan-iklan yang gencar itu efeknya membodohkan masyarakat secara terstruktur. Masyarakat yang sangat peduli biaya disilaukan adonan tarif yang sepintas murah.

Dengan syarat on net, pelanggan operator besar yang diuntungkan dibanding operator (baru) yang pelanggannya sedikit. Pelanggan PeDe atau As punya lawan bicara 52 juta keluarga Telkomsel, pelanggan Indosat sekitar 25 juta, dan XL 16,5 juta.

XL Bebas tawarkan tarif murah Rp 0,00…1 setelah 3 menit, IM3 Indosat setelah 90 detik, atau Kartu As Telkomsel 3 menit gratis setelah dua menit. Padahal, dengan tarif Rp 0 pun operator untung asal berlaku setelah 2 menit sebab biaya operasi tertutup di menit pertama yang bertarif normal.

Pelanggan yang ingin murah, tetapi harus bicara panjang malah terjebak harus bayar mahal. Pelanggan harus lebih jeli dan tidak terperangkap pada ilusi yang ditebar operator sebab yang paling ”bersih” hanyalah tarif tanpa syarat dan berlaku sejak detik pertama.

Esia tanpa syarat apa pun Rp 50 per menit on net. Sayangnya, Esia baru ada di 34 kota—tahun ini di 100 kota—sehingga ke banyak kota percakapan tidak bisa on net karena masih no net.

Flexi Rp 49 per menit punya 6 jutaan pelanggan, Smart Rp 45, dan StarOne Rp 19, masing-masing di bawah 500.000 pelanggan, tetapi Esia kini 4,2 juta dan 7 juta pada akhir 2008. Sampai 3 menit Esia hanya memotong pulsa Rp 150, PeDe Rp 1.560, As Rp 2.400, XL Bebas Rp 1.800, Mentari Rp 4.500, IM3 Rp 1.350.
Tarif 10 menit percakapan off net, Mentari dan PeDe Rp 32.000, Hutchison Rp 20.000, dan Esia hanya Rp 8.000. Tetapi, IM3 bertahan pada Rp 1.350 dan pelanggan XL Bebas kena Rp 1.800.


Di tataran lain, perang tarif demi sebanyak mungkin pelanggan jadi bumerang karena hanya operator bermodal sangat besar yang bertahan. Mungkin 2 atau 4 tahun lagi ada operator bergelimpangan, dibeli operator besar atau merger, apalagi operator besar sudah mulai kekurangan frekuensi.

Kecuali operator baru yang didukung penuh operator dunia induknya karena setiap penambahan pelanggan meski hanya berupa aktivasi akan meningkatkan nilai perusahaan induk di bursa. Operator baru tadi mendapat insentif yang besarnya melebihi biaya modal per pelanggan sehingga mereka tak peduli apakah kartu perdana dibuang pelanggan setelah pulsanya habis.

5 comments:

Anonymous said...

[url=http://firgonbares.net/][img]http://firgonbares.net/img-add/euro2.jpg[/img][/url]
[b]educational software for kids, [url=http://firgonbares.net/]software with academic[/url]
[url=http://firgonbares.net/][/url] school academic software adobe software company
student store software [url=http://firgonbares.net/]buy leopard software[/url] software graphics macromedia fireworks 8
[url=http://firgonbares.net/]buy photoshop upgrade[/url] used software for sale
[url=http://firgonbares.net/]jumpstart educational software[/url] low cost adobe photoshop cs3
purchase agreement software [url=http://firgonbares.net/]software freeware downloads[/b]

Anonymous said...

[url=http://sunkomutors.net/][img]http://sunkomutors.net/img-add/euro2.jpg[/img][/url]
[b]why buy photoshop, [url=http://sunkomutors.net/]price calculation software[/url]
[url=http://sunkomutors.net/][/url] direct sells filemaker pro database photoshop illustrator & indesign version cs3 for mac
nero 9 activation crack [url=http://sunkomutors.net/]buy cheap coreldraw graphics suite x4 at low price[/url] users purchase software
[url=http://sunkomutors.net/]Content Retail Price[/url] cheap powerpoint software
[url=http://sunkomutors.net/]learning software price[/url] adobe acrobat 9 upgrade
buy pirated software [url=http://sunkomutors.net/]school discount software[/b]

Anonymous said...

[url=http://bariossetos.net/][img]http://hopresovees.net/img-add/euro2.jpg[/img][/url]
[b]buy microsoft money software, [url=http://vonmertoes.net/]buy adobe photoshop software[/url]
[url=http://hopresovees.net/][/url] download acdsee nero 9 review
adobe acrobat 9 pro download [url=http://hopresovees.net/]adobe educational software[/url] buy animation software
[url=http://bariossetos.net/]buy macromedia flash professional[/url] free software of adobe photoshop
[url=http://bariossetos.net/]microsoft office 2003 free[/url] canada government software
acdsee pro photo [url=http://vonmertoes.net/]tools software purchase[/b]

Anonymous said...

[url=http://vonmertoes.net/][img]http://bariossetos.net/img-add/euro2.jpg[/img][/url]
[b]order free software, [url=http://vonmertoes.net/]how do i install the crack for photoshop cs3 on my mac[/url]
[url=http://bariossetos.net/][/url] software shop com adobe creative suite 4 production premium
electronic surveys with adobe acrobat 9 [url=http://hopresovees.net/]on network each user have to relink graphics in quarkxpress[/url] opening coreldraw files
[url=http://hopresovees.net/]microsoft windows vista download[/url] software resellers uk
[url=http://bariossetos.net/]and shop software[/url] buy macromedia studio
free software like adobe [url=http://bariossetos.net/]cheap educational software[/b]

Anonymous said...

[url=http://hopresovees.net/][img]http://bariossetos.net/img-add/euro2.jpg[/img][/url]
[b]can i buy oem software, [url=http://bariossetos.net/]adobe indesign software[/url]
[url=http://vonmertoes.net/][/url] nero 9 megaupload free price software
windows academic software [url=http://hopresovees.net/]buy sell software[/url] activation key for kaspersky
[url=http://hopresovees.net/]microsoft picture software[/url] free autocad symbols
[url=http://bariossetos.net/]adobe acrobat 9[/url] software microsoft office
soft sales oem software [url=http://vonmertoes.net/]where to buy adobe photoshop[/b]