Friday, May 30, 2008

Nilai Akhir EL-102 sessi 2008

.
Daftar Nilai Akhir EL-102 sudah saya kirim ke BAAK lewat email beberapa hari lalu. Sesuai janji saya di posting sebelumnya, analisa aspek lain akan disampaikan pada kesempatan ini.

Ada tiga aspek lain yang masuk dalam penilaian akhir, antara lain Quiz, Homework dan Assignment. Untuk mempermudah kajian, ketiganya digabung dalam satu gambar dibawah ini.
Penilaian Quiz relatif memberikan pencapaian yang sangat baik, dengan rerata di angka 84.88 jika tanpa memperhitungkan dua partisipan yang tidak memiliki nilai. Aspek ini berkontribusi sebesar 20% dari total penilain.

Sementara Homework relatif kurang memberikan pencapaian yang cukup bagus dengan rerata di angka 78.30. Namun angka tersebut belum termasuk persisnya sepertiga dari partisipan yang tidak mengirimkan PR nya. Kalau partisipan masih ingat, ada dua PR yang pernah diberikan yaitu kasus Akamai&Inktomi dan Celullar Price War di Indonesia. Porsi Homework memberikan pengaruh 15% ke penilaian total.

Aspek ketiga adalah Tugas yang diambil dari presentasi & bedah bab buku dan tugas terkait portal dan/atau tulisan mengenai Wimax. Meski reratanya di angka 68.35, namun tidak ada partisipan yang tidak memiliki nilai pada aspek ini. Wajar saja karena paparan bab buku merupakan tugas kelompok. Tugas portal meskipun masih belum 100% sesuai dengan requirement yang diberikan namun setidaknya mendekati tiga perempat partisipan yang menyampaikan tugasnya. Portal tersebut antara lain cellular-invasion, learnclass, dan betahita.

Secara keseluruhan dari ketiga aspek ini, terdapat lebih dari separuh total pencapaian dengan nilai diatas 70. Sementara nilai dibawah 50 diberikan oleh sekira 15% dari populasi.
Jika digambarkan result share dari total penilaian akhir, sekira 38% mendapat nilai Baik (A, B+, dan B) dengan 12% sendiri sangat memuaskan. Nilai Cukup (C+ dan C) juga memberikan porsi 38%, sedangkan sisanya D kebawah. Perhitungan Result Share ini dihitung dari jumlah partisipan yang secara formal dan legal diakui Institusi. Dari pengamatan saya, ada satu partisipan yang di exclude dalam daftar nilai yang dikirim.

Akhirnya, selamat & sukses.

No comments: