Thursday, May 29, 2008

Editing di Klasmaya eh maksudnya di blogspot

.
Seminggu ini saya a bit frustated dengan layanan blogspot. Submit terakhir saya tentang Final Result seharusnya sudah bisa saya imbuhkan dua gambar grafik yang bisa lebih menjelaskan gambaran besarnya. Namun beberapa kali saya edit, feature imbuhan image dan tombol editing lainnya tidak muncul di layar. Ada kemungkinan server di blogspot sangat sibuk sehingga beberapa fasilitas tidak bisa di terlayani. Kemungkinan lain, internet di kantor membatasi akses featur di situs semacam blogspot. Pernah suatu hari agak larut malam akses blogspot di kantor, feature editting nya muncul. Saya tidak tahu pasti, yang pasti kondisi ini bikin kesal.

Sempat terlintas dalam pikiran untuk churn ke penyedia layanan lain, multiply misalnya atau ada yang bisa kasih masukan situs mana yang relatif bagus.

Namun ngomong-ngomong tentang blogspot, tugas terkait bikin portal untuk industri telematika relatif semuanya (sebenarnya cuman 3) milih layanan blogspot. Entah tahunya situs itu atau ada kaitannya dengan klasmaya.

Ngomong-ngomong tentang tugas portal, meski ada 3 projek yang di submit, sebenarnya juga belum tepat dengan apa yang dimaksud. Tugasnya sebenarnya adalah membangun portal informasi terkait industri telematika. Portal yang dimaksud tidak mutlak harus dibangun dengan blog apalagi pake blogspot. Mungkin situs dengan menggunakan plain html juga bisa, asalkan menyediakan data dan informasi terkait industri telematika.

Sebagai contoh, portal dapat menyediakan data market share dari industri seluler, dengan menyajikan data jumlah pelanggan dari operator-operator seluler yang beroperasi di Indonesia. Data nya bisa diacu ke news yang disubmit atau beri link ke alamat situs operator atau situs lain (tapi persis di address yang spesifik).

Contoh lain, portal juga bisa menyediakan data finansial provider telematika di Indonesia. Bisa dalam bentuk tabel, syukur dengan analisanya. Sumber datanya bisa dari laporan keuangan provider yang di link kan dalam portal atau sumber berita lain.

Memang terkait dengan news feeder dari berita lain dan pengelolaan tulisan, lebih mudah dilakukan melalui web blog. Tapi saya melihat tugas yang disubmit malah jadi salah kaprah, bikin blog dengan tema telematika thok!. Padahal seingat saya, framework 5 Forces pernah saya sampaikan waktu ngejelasin tugas ini.

Tapi yaa udah, minimal ini jadi pelajaran berharga, lain waktu kalau bikin tugas ini musti dari awal sehingga bisa dimonitor, dievaluasi, improve, dan dikoreksi kalau belum tepat dengan soalnya.

No comments: