Saturday, November 08, 2008

5th November 2008 Class at a Glance : Substitute Class discuss about Concept Generation and Evaluation

.
Pada klas pengganti lalu, yang seharusnya tanggal 1 November 2008, dibahas materi dari buku acuan Dieter dari bab-5. Materi Concept Generation and Evaluation merupakan bagian dari Proses Desain yang meliputi proses Define Problem, Gather
Information, Concept Generation, Evaluation of Concepts, Product Architecture, Configuration Design, Parametric Design, dan Detail Design. Empat proses pertama dikelompokkan dalam Conceptual Design, sedangkan sisanya menggambarkan Embodiment Design.

Isu-isu yang terkait dengan disain konsep antara lain aspek kreativitas dan penyelesaian masalah melalui metode antara lain seperti brainstorming, ataupun mind map. Sementara pada aspek evaluasi dibahas beberapa metode pemilihan konsep antara lain melalui Absolute Criteria, Pugh Selection, Measurement Scales, Weighted Decision Matrix, dan Analytical Hierarchy Process (AHP). Beberapa contoh penerapan metode tersebut dipaparkan pula mengacu pada referensi Dieter.

Handout sudah disampaikan sejak posting beberapa hari lalu. Sayangnya, meski sudah diposting jauh sebelum pembahasan di klas, hanya beberapa saja yang mampir di Klasmaya, sebagian dari yang mampir, hanya sebagian kecil saja yang sudah mengunduh file, dari yang sudah mengunduh pun belum ada yang sempat membacanya. Nampaknya perlu ada semacam pendekatan berbeda untuk merubah kondisi seperti ini. Ada usulan?

No comments: