Saturday, November 15, 2008

8th November 2008 Class at a Glance : The Marketing Day

Klas 8 Nov lalu telah dibahas materi dengan topik Marketing sesuai course plan yang telah disepakati. Meski materi tersebut biasanya disampaikan untuk dua kali klas, minggu lalu berhasil dikompress dan disampaikan dalam satu kali pertemuan.

Topik Marketing sebenarnya sangat luas, beberapa jurusan bahkan menjadikannya dalam satu, dua, atau tiga mata kuliah wajib. Tapi sebagai materi tambahan terkait dengan pengembangan produk, bahasan marketing hanya diulas beberapa hal mendasar. Konsep dan pemahaman dasar pemasaran diharapkan dapat menjadi awal keingintahuan (curiousity) untuk lebih memperluas wawasan topik tersebut yang terkait dengan NPD atau manajemen strategi.


Sessi pertama diulas pemasaran dari aspek perkembangan ekonomi baru dari pengaruh revolusi digital. Aspek ini dapat merubah atau paling tidak meng’adjust praktik pemasaran sehingga memberikan benefit baru bagi konsumer maupun perusahaan. Pendekatan dan jargon marketing seperti e-Business bisa menjadi salah satu contoh pemanfaatan digital. Issue Web 2.0 yang juga muncul dari praktisi pemasaran saat ini juga memicu pendekatan baru, hanya saja isu ini belum diulas mendalam di sessi ini.

Aspek lain seperti target market, segmentasi, demand, channel, relationship marketing, dan enhancing value juga diulas di sessi pertama. Aspek enhancing value bisa memiliki hubungan yang sangat erat dengan subjek pengembangan produk melalui alternatif raising benefit atau reduce cost atau variasi kombinasi keduanya.

Sessi kedua lebih mengarah pada sistem informasi marketing, dengan cakupan data internal, intelligence systems, marketing research, dan decision support. Selain itu variasi basis segmentasi dalam kaitan sistem informasi juga dibahas di sessi ini. Selengkapnya bisa dibaca di dua handout yang bisa diunduh disini.

No comments: