Monday, February 23, 2009

21th of February 2009 Class at a Glance

Pertemuan keempat di session 2009 kali ini mulai masuk ke bagian detil dari materi Industry Analysis tools yang diwakili ”5 Forces” nya Porter. Materi ini sebenarnya sudah dibahas pada pertemuan pertama (atau kedua?) meski relatif masih pengenalan dan pendahuluan. Hal yang menarik, materi ini meski seharusnya menjadi tools analisa dari subjek Industri Telematika, namun institusi, unfortunately, telah mencoret text book yang menjadi rujukan tools ini. In other words, actually we don’t really need this material to be discussed. Though in my opinion, basically this tools or even this framework of analysis remain valid to be acknowledged at least to be recognized.

Pro kontra dari pendekatan pemahaman industri melalui framework 5 Forces Porter juga menjadi ajang perdebatan melalui tulisan di buku dan diskusi menarik di beberapa milist dan artikel. We’ll talk about that later.

Selain dibahas satu persatu dari masing-masing forces industri, pertemuan tempo hari berkesempatan juga untuk menayangkan video klip dari Harvard Business Video IdeaCast tentang 5-Forces langsung dari penulisnya, Michael E Porter, yang didownload dari iTunes. Video berdurasi 13:12 menit ini direlease awal Mei 2008, belum genap satu tahun, artinya belum terlalu ”out of date” untuk dibahas dalam kelas Offline. Meski tidak mudah untuk memahami maksud bahasan dan percakapan dari konten untuk sekali tayang, idealnya ditayang ulang sampai 2-3 kali (jadi saya bisa istirahat hampir setengah waktu kuliah), namun saya hanya bisa menayangkan sekali, moga-moga saya bisa dapat link ke video provider yang bisa diakses melalui Klasmaya untuk pemirsa yang mau lebih serius mengikuti video-cast tersebut. Kalaupun saya kesulitan, ada baiknya pemirsa langsung download dari iTunes nya.

Usai layar tancap pagi, bahasan dilanjut dengan practical stuff untuk menerapkan 5-Forces melalui assessment dan scoring. Pendekatan ini saya ambil dari deployment dari projek bersama Konsultan sewindu lampau. Sayangnya karena waktu terbatas, maka assessment akhirnya menjadi materi homework untuk minggu depan (kali ini tidak perlu disubmit ke OBT).

Formal pertanyaan PR adalah melakukan penilaian (assessment) dari determinant 5-Forces Porter untuk bisnis Broadband di Indonesia melalui opini seberapa tepat menurut anda pernyataan tersebut plus dengan tambahan komentar tentang alasan jawaban. Setelah menetapkan jawaban, dilanjutkan dengan scoring dan mengkalkulasi impact rating. Seperti yang disampaikan dalam handout, perhitungan rating menggunakan pendekatan formula jumlah total scoring dibagi dengan jumlah statement yang dijawab bukan N dikali max score (2).

Konsekuensi dari PR, seharusnya, bukan hanya menjawab seadanya, namun harus punya landasan dan dasar yang sebaiknya dicari melalui sumber yang tersedia (perpustakaan, buku, media/press, blog, atau observasi lapangan). Jadi meski course plan menyebutkan list of books as a reference, jangan terpaku dari sumber formal text book saja.
Selamat menganalisa....

No comments: