Monday, December 27, 2010

UAS Review (NPD 2010)

Tabik …..
Selamat bertemu lagi ….

Pikir-pikir, lama juga ga’ update blog ini, padahal beberapa issue belum selesai di ulas disini. Kali ini saya akan coba bahas nilai UAS dari NPD season 2010.

Dari 15 partisipan, hanya 13 yang melaksanakan UAS sesuai jadwal. 1 orang (saya tidak perlu menyebutkan namanya) berha
langan entah kenapa, namun berhasil meyakinkan BAAK dan saya untuk mengikuti uAS susulan. Sementara 1 orang lainnya, seperti biasa nampaknya merubah keputusan untuk mengikuti NPD season ini.

Awalnya setelah proses penyelesaian penilaian, saya mencoba untuk membahas dalam blog ini, termasuk mengembalikan hasil penilaian ke institusi, namun beberapa detik setelah amplop coklat mendarat di BAAK desk, baru saya ingat ada yang mengajukan susulan. Kalau saja saya mempersiapkan secondary question buat soal UAS mungkin ga’ jadi masalah, meski beberapa hal sebaiknya di tunda juga.

Dari hasil penilaian tersebut dapat kita lihat hasil seperti berikut:

Kalau dilihat dari angka real nya, angka tertinggi hanya dicapai pada angka 90.25. Namun untuk nilai yang akan di submit, dilakukan proses penyesuaian dengan nilai tertinggi menjadi 97.5. Dari proses penyesuaian tersebut, jika dibuat proporsi dengan nilai tengah di angka 70, separuh dari partisipan berada di posisi dengan nilai di atas 70, dan separuh sisanya dengan nilai dibawah 70, jadi cukup berimbang.

Kalau ditilik dari analogi distribusi normal (dengan range kuartil di angka 50, 70, dan 90), 7% populasi mendapat nilai dibawah 50, 43% populasi mendapat nilai di antara 50-70, 43% populasi mendapat nilai di antara 70-90, dan 7% mendapat nilai di atas 90%. Jadi benar-benar simetris, bak pinang dibelah dua.

Bagaimana dengan hasil akhir ?
Kita lihat perhitungan selanjutnya ….

No comments: