Thursday, January 15, 2015

Investasi Telkom di ICT & MEDIA


Diambil dari situs BeritaSatu.com


Investasi Bisnis Contact Center

Telkom sudah masuk pasar Australia dan Selandia Baru dengan mengakuisisi 75 persen saham Contact Centres Australia Pty Ltd (CCA), perusahaan yang bergerak di solusi business process outsourcing (BPO) yang berbasis di Sydney, Australia.
Telkom mengakuisisi CCA melalui anak usahanya, Telekomunikasi Indonesia International Australia Pty Ltd, dengan nilai transaksi Aus$ 11 juta. Aksi akuisisi tersebut rampung pada 25 September 2014.
Sebagai informasi, CCA adalah salah satu perusahaan contact center terbesar di Australia yang memiliki dua anak usaha, yakni Financial Information Services Pty Ltd, yang berkantor pusat di New South Wales, Australia serta Contact Center New Zealand Ltd di Wellington, Selandia Baru.

Investasi Bisnis e-Commerce

eBay Inc, perusahaan jual beli online asal Amerika Serikat (AS), berencana menambah kepemilikan saham pada PT Metra Plasa menjadi 49 persen dari sebelumnya 40 persen.
Saat ini, sebanyak 60 persen saham Metra Plasa dikuasai oleh PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (Telkom/TLKM). Dengan begitu, kepemilikan Telkom pada Metra Plasa bakal berkurang menjadi 51 persen
Semula, Telkom melalui anak usahanya, PT Multimedia Nusantara, sepakat membentuk perusahan baru bersama eBay dengan kepemilikan masing-masing sebesar 60 persen dan 40 persen. Pembentukan Metra Plasa tersebut sejak April 2012.
“eBay bisa menambah menjadi 49 persen. Mereka juga punya opsi untuk menjadi mayoritas. Ada tahapan menuju ke sana, mereka inginnya cepat. Tapi saya belum bisa disclose,” kata Indra, belum lama ini.
Metra Plasa pada awalnya mengelola situs belanja online Plasa.com. Dengan menggandeng eBay, Telkom akhirnya mengembangkan situs belanja bernama blanja.com.
Menurut Indra, sejak 2012, eBay telah mengucurkan dana sekitar US$ 9,2 juta pada Metra Plasa. Telkom pertama kali berinvestasi pada plasa.com pada 2009 sekitar US$ 5 juta. Dengan demikian, total investasi Telkom dan eBay dalam mengembangkan situs belanja online sekitar US$ 14,2 juta. Per September 2014, aset sebelum eliminasi Metra Plasa sekitar Rp 68 miliar.
Ke depan, kata Indra, eBay berpeluang menambahkan investasinya ke Metra Plasa. Strategi menggandeng eBay membuat Telkom belajar terkait platform serta cross border trading. Nantinya, sistem eBay memungkinkan barang yang terdaftar pada blanja.com dijual ke luar negeri. Saat ini, situs blanja.com memiliki total 1 juta produk terdaftar, 600 penjual, serta 50.000 pengunjung per hari.

No comments: