Monday, October 31, 2005

291005-Class Overview

Ada insiden kecil untuk klas minggu lalu, saya minta maaf buat semuanya. Kejadiannya pagi itu, saya dengan tenangnya punya persepsi kalau jadwal kuliah jam 0900. Walhasil waktu istri dan anak-anak minta diantar jam 0830 ke salah satu famili, saya pun nggak keberatan. Ternyata sekitar jam 0840 sudah pada ditunggu dikelas sejak jam 0800, dan saya sempat diingetin lewat SMS. Untung saya sempat hadir di jam 0900, meski sesuai jadwal hanya sampai jam 1000 harus sudah kelar. Persepsi yang salah ini di trigger dari jadwal UTS minggu lalu di waktu yang sama. Sekali lagi hampura..

Sebenarnya ada dua materi yang saya siapkan untuk minggu lalu, yang pertama materi dari cuplikan bab Strategy Process dan yang kedua materi case study untuk kriteria bisnis ekselen dari Malcolm Baldrige. Karena untuk materi kedua sudah direncanakan ada tugas untuk 2 minggu kedepan (plus libur lebaran), akhirnya saya lebih fokuskan pada materi kedua. Alasan lain, materi pertama, lebih bagus kalau partisipan sudah membacanya sehingga bisa jadi bahan diskusi (nggak tahu kapan).

Saya tidak terlalu berharap banyak dari case study Landmark Dining. Kalaupun ada contoh jawaban dari category-4, namun untuk memberikan komentar Strength dan Oppotunity for Improvement (OFI) perlu punya background manajemen, selain itu perlu lebih dari sekedar membaca dokumen aplikasi (artinya ada session interview dan melihat evidence/bukti di lapangan). Sedikit berbeda dengan category Organizational Profile yang cenderung membuat resume dari dokumen sesuai dengan kriteria yang dipertanyakan.

Tugas ini lebih pada sasaran untuk melihat sejauh mana aspek-aspek manajemen strategi, terutama di aspek perencanaan, harus menjadi titik perhatian. Sebagai contoh, aspek penanggung jawab proses, keseimbangan long-term dan short-term, maupun kebutuhan seluruh key stakeholder. Sehingga pada saat mengembangkan sistem perencanaan, kriteria-kriteria tersebut harus menjadi perhatian.

Tugas kedua, sedikit klasikal, mendistribusikan pekerjaan belajar-mengajar melalui presentasi kelompok per bab. Pembagian tim sudah ditetapkan (agar sedikit merata). Jadwal tugas ini dilaksanakan setelah pertemuan kita berikutnya, masing-masing dengan jadwal 30 menit presentasi ditambah diskusi 15 menit.

Akhirnya selamat berlibur, dan ber-Lebaran bagi yang berlebaran.

No comments: