Tuesday, October 04, 2005

This week assignment

Tugas untuk minggu depan, sudah saya transfer lewat salah satu FlashDisk siswa. It's about BCG matrix. Disediakan data 3 bisnis dari salah satu perusahaan yang harus di analisa dalam matrix BCG. Untuk memberikan persepsi yang sama dalam penggambaran matriks, kuadran Growth di bagi untuk skala 0%; 20% dan 40%. Sedangkan untuk Posisi Market dibagi dalam skala 0%, 35% dan 70%. Artinya sumbu tengah adalah sumbu di angka 20% Growth dan 35% MarketShare.

Satu hal lain, untuk menentukan growth, bisa dipakai rerata growth tiap tahun. Artinya tiap tahun kita hitung pertumbuhannya dibandingkan tahun sebelum, lalu angka tiap tahun tersebut dirata-rata.

Alternatif lain bisa menggunakan rumus CAGR. Seingat saya, formula ini pernah saya berikan, tapi kalau toh lupa atau ternyata saya belum berikan, anda bisa simak situs investopedia yang memberikan kamus formulasi perhitungan, khususnya di keuangan. Situsnya cukup bagus terutama buat yang pingin belajar rasio keuangan atau hal-hal terkait finansial (ada banyak situs sejenis, kalau ada situs lain yang lebih enak disimak bisa juga dishare disini).

Jangan lupa untuk parameter marketshare harus dihitung dulu besaran total market. Bisnis A adalah bisnis di lingkungan industri duopoli. Di bisnis B semua kompetitor di industri nya sudah disebut semuanya, sedang bisnis C hanya ada satu kompetitor yang tersedia data namun angka total market telah diberikan.

Satu lagi, gambaran posisi matrix direpresentasikan dalam bentuk lingkaran. Besar atau kecilnya lingkaran ditentukan dari porsi bisnis-bisnis tersebut dalam perusahaan, jadi anda perlu hitung juga kontribusi revenue antar bisnis dalam perusahaan tersebut.

Tugas nggak perlu di cetak (boleh juga kalau mau), tapi saya lebih suka dikumpulkan dari file spreadsheet langsung, termasuk formula perhitungan sampai penggambaran matrix BCG melalui tabel di spreadsheet. Penggambaran BCG matrix mungkin perlu sedikit tricky agar bisa sesuai dengan kuadran di teori, tapi saya yakin kalian semua bisa ngatasin itu, cuma perlu sedikit ngoprek, no big deal....

No comments: