Tuesday, February 22, 2011

12th of February 2010 Class at a Glance (3) : "A New Telecommunication World"

Sessi minggu ke tiga dibahas materi yang telah di share sebelumnya (Sharing eBook: Vanston) berupa artikel dengan judul ”a new telecommunication world”.

Cerita dari artikel tersebut sebenarnya mengulas perkembangan industri telekomunikasi yang meski menyebutkan ”world” namun cenderung membahas lingkup US. Sebagian dari artikel menyajikan data-data berupa grafik/chart untuk membantu menjelaskan fakta di lapangan maupun projeksi kedepan terkait perubahan di segmen industri narrowband (POTS) yang menurun akibat segmen industri lain seperti cable, seluler, atau VoIP.

Karena materinya sudah disubmit sebelumnya, alih-alih dijelaskan dalam model broadcasting, diputuskan sessi ini dimulai dengan Quiz tentang materi artikel. Walhasil yang sebelumnya belum mengunduh dokumen/artikel tersebut, atau sudah mengunduh namun belum membaca, ataupun sudah membaca namun belum ngngeuh/dhong/paham perlu bolak balik baca (lagi) artikel nya. Karena ga semua bawa materi Quiz dilakukan dalam kelompok meski jawaban disampaikan masing-masing.

Setengah sessi sisanya dilakukan pembahasan, yang menurut saya, lebih efektif karena toh partisipan sudah memaksakan diri buat membaca untuk menjawab soal-soal dalam Quiz. Andai saja baca maksanya dilakukan sebelumnya di rumah/kost mungkin ga jauh beda tanpa harus Quiz. Tapi kondisi ini menguntungkan saya juga tanpa harus satu sessi penuh bercuap-cuap.

Frankly speaking, saya sedikit ragu, karena CaaG kali ini telat hampir 10 hari, bahasan sessi ke tiga ada lagi yang lain gak yaa?

Khusus posting CaaG kali ini gak pake submitting handout, karena materi handout nya juga isinya sama dengan artikel nya, jadi baca langsung saja.

No comments: