Friday, February 11, 2011

7th of February 2010 Class at a Glance (2a) : Further Introduction of Indonesian Telecommunication DeRegulation, Market, and others.

Klas minggu kedua sesuai kesepakatan di undur tanggal 5 Februari 2010. Bahasan awal di sessi kedua masih membahas materi pendahuluan khususnya ditekankan pada aspek regulasi, market, bahasan awal Business Process, Product Development serta konsep Peningkatan Value.

DeRegulasi di Indonesia telah memberikan pengaruh yang cukup signifikan terhadap penetrasi. Pasar monopoli yang berubah terbuka memberi dampak yang menguntungkan pelanggan selain pertumbuhan ekonomi. Trend regulasi seperti unified license, number portability, cost based interconnection, dan yang lainnya diulas untuk memberikan gambaran bagaimana deregulasi cenderung berpihak dalam new entrants.

Bahasan market (pasar) dalam hal ini mengacu pada pasar saham disampaikan bagaimana porsi industri telematika yang me’lantai’ di bursa Indonesia cukup memberikan kontribusi yang signifikan. Segment segmen industri infrastruktur yang termasuk didalamnya sektor telekomunikasi memberikan porsi hampir seperempat market kapitalisasi bursa Indonesia, sedikit dibawah industri perbankan di tahun 2008. Bagaimana dengan kondisi di tahun 2010 ? akan dibahas dalam sessi PR mendatang.

No comments: