Wednesday, February 23, 2011

19th of February 2010 Class at a Glance (4) : 5 Forces Porter (5FP)

Sessi ke empat sesuai rencana diulas tentang bahasan tool untuk menganalisa industry yang sampai saat ini framework ”5 Forces” nya Porter masih mendominasi pilihan.

Berbeda dari biasanya, pembahasan kali ini dominan dilakukan melalui diskusi. Separuh waktu dibahas bersama melalui tanya jawab, penjelasan dan beberapa contoh kasus. Model diskusi ini beralasan, karena materi 5FP, meski berbeda dengan yang disampaikan kemudian dalam paparan handout, sudah pernah di share dalam posting share eBook analisa industy. Secara umum meskipun saya masih meragukan shared material tersebut dibaca, namun diskusi yang terjadi berjalan cukup baik, atau malah seru jika predikat itu tidak terlalu berlebihan.

Seperempat sessi selanjutnya dipaparkan materi handout yang mengulas determinant dan faktor-faktor yang berhubungan dengan analisa industri. Sisa seperempat terakhir secara bersama-sama dilakukan simulasi analisa indutri untuk segmen BWA (Broadband Wireless Access) khususnya dalam melakukan proses assessment.

Sayangnya saya belum buka hasil assessment yang dilakukan, sehingga evaluasi hasil assessment belum bisa dibeberkan disini saat ini.

No comments: