Tuesday, April 26, 2011

23rd April 2011 Class at a Glance: Gartner’s Magic Quadrant

1
Sessi kuliah hari Sabtu lalu, sebagai kuliah pengganti dari hari Jum’at yang libur, awalnya direncanakan membahas Valuasi bisnis Internet. Tapi karena pemirsa saat itu hanya dihadiri oleh precisely 5 peoples dan kebanyakan belum membaca artikel yang disubmit sebelumnya, maka dengan berat hati materi tersebut digeser ke sessi berikutnya.

Materi Gartner’s Magic Quadrants akhirnya dipilih untuk dibahas dalam klas minim pemirsa tersebut. Materi ini cukup relevan dengan bahasan Industri Telematika, khususnya dalam melihat positioning produk dan jasa diantara competitor dalam industry.

Model Magic Quadrants dari Gartner digambarkan dalam matrix dua dimensi dari sumbu “ability to execute” dan “completeness of vision” sehingga dapat membedakan antara kuadran Challenger, Niche Player, Visionaries, dan Leaders.

Secara periodic Gartner menyajikan analisanya untuk memberikan informasi produk yang dikaitkan dengan strategi perusahaan untuk pembeli khususnya korporat. Sebagai contoh dalam posting kali ini disertakan salah satu laporan Gartner.

No comments: