Sunday, April 10, 2011

8th April 2011 Class at a Glance (9): Regulation Day


Sesuai rencana, klas diisi materi regulasi yang beberapa materi terkait jauh-jauh hari sebelumnya sudah diunggah untuk sharing. Sayangnya saya kelupaan untuk membagi beberapa dokumen tentang KepMen yang seharusnya turut diunggah. Posting kali ini, disampaikan beberapa dokumen yang terlewat tadi.

Klas diawali dengan quiz pra pembahasan. Quiz sederhana tentang pendapat dan apa yang dapat disampaikan terkait regulasi di Indonesia mengacu pada dokumen yang di submit sebelumnya. Pada dasarnya pertanyaan ini untuk melihat sejauh mana kesiapan partisipan dalam mempersiapkan materi permbahasan.

Selanjutnya klas mulai di diisi dengan pembahasan UU No 3 / 1989 dan UU No 36 / 1999 tentang Telekomunikasi sesuai posting Sharing eDoc: Indonesian Infocomm Regulation, termasuk PP yang menjelaskan masing-masing UU tersebut.Aspek-aspek perkembangan teknologi dan globalisasi serta kebijakan pemerintah yang mulai membuka investor di indutri ini menjadi driver perubahan UU Telekomunikasi.

Dilanjut dengan pembahasan beberapa KepMen khususnya tentang penyelenggaraan telekomunikasi sebagai tindak lanjut dan teknis penjelasan dari UU telekomunikasi, antara lain:
Materi ini bisa di unduh langsung dari situs Dirjen Postel.

Sebagai catatan, materi di klas digunakan resume untuk mempermudah bahasan, namun materi tersebut tidak turut dishare dalam posting kali ini, agar partisipan dapat melakukannya rekap sendiri.

Sessi berikutnya, sebelum klas diakhiri, dilakukan Quiz paska pembahasan. Quiz berupa 15 soal multiple choice, minimal untuk mengamati sejauh mana pemahaman dari bahasan yang sudah diberikan.

Terakhir, saya hanya mengingatkan saja untuk PeeR minggu depan, terkait beberapa pertanyaan UTS yang belum optimal jawabannya, sehingga untuk perbaikan, soal-soal berikut dijadikan PR:
- Economie of Scale
- Number Portability
- Penyebab turunnya wireline menurut Vanston.

Bagaimana dengan minggu depan ?... Dari Course Plan seharusnya sudah masuk ke Valuasi Internet Bisnis, tapi ada satiu materi baru yang mungkin bisa ditambahkan pada season InTel kali ini, we’ll see.

No comments: