Monday, September 12, 2005

100905-Class Overview

Di minggu kedua, kita telah sedikit membahas (sebenarnya ini adalah materi minggu-1) sedikit tentang model, proses, framework, dan tahapan dari pengelolaan strategi. Kalau disimak, meski istilah atau judul yang disebut penggagas berbeda, namun konsepsi, materi dan kontennya ada banyak kesamaan yang bisa digeneralisir.

Selentingan tentang analisis (misal model BCG) juga telah sedikit diulas sebagai awal dari materi pembahasan khusus mengenai analisis, meski lebih banyak untuk analisis SWOT nya (SWOT gittuu lohh). Model BCG sebenarnya saya pernah bahas di 513 lalu, meski demikian saya pikir kalau ada waktu bisa dibahas lebih lanjut di sessi depan. Terkait dengan BCG, minggu lalu juga sudah saya share file Strategic Planning yang menjelaskan pendekatan BCG tersebut.

Tugas dari minggu lalu terkait dengan Visi, Misi, dan Sasaran Perusahaan. Materi ini akan dibahas minggu sesi depan. Tugas nya adalah:
1. Mencari contoh Visi, Misi dan Sasaran Perusahaan dari minimal dua perusahaan di industri yang sama. Misalnya industri Retail, Perbankan, Telekomunikasi, Otomotif dll. Sebaiknya perusahaan-perusahaan yang dipilih adalah perusahaan yang setara (global/domestik/lokal), sehingga kita bisa bandingkan visi-misi-sasaran tersebut dengan fair.
2. Mencari contoh evolusi dari arah perusahaan dengan mencari visi-misi-sasaran perusahaan minimal 2 periode perubahan. Perusahaan yang dipilih lebih baik (tidak harus) perusahaan yang sama dengan point satu, agar mempermudah pencarian.

Tugas dijadwalkan untuk disubmit minggu depan, tgl 24 bulan ini. Untuk minggu ini, agar ada sesuatu yang bisa dideliver (meski kemarin kelewat), saya beri tugas membaca file strategic-planning.pdf dan membuat summary untuk analisa bisnis portfolio, seperti pendekatan BCG, GE, Model Levi Strauss, dan persoalan pendekatan berbasis matrix. Tugas dikumpul di kelas tanggal 17 depan di ruang basement 106? (we are moving).

Ada masalah ?

2 comments:

Anonymous said...

wadoh...buanyak sekali tugas yang diberikan, bisa nggk pak tugasnya diminimalisasikan, banyak-banyak tugas juga tidak membuat optimal dalam perkuliahan...!

Thank's & Regards

Anonymous said...

wadoh...buanyak sekali tugas yang diberikan, bisa nggk pak tugasnya diminimalisasikan, banyak-banyak tugas juga tidak membuat optimal dalam perkuliahan...!

Thank's & Regards