Wednesday, April 26, 2006

220406 – BSC & Business Excellence Model

Di buku acuan kita (Ward&Peppard) bab-4, dibahas tentang analisa bisnis melalui tools manajemen antara lain Balanced Score Card (BSC) dan Critical Success Factor (CSF). Ward&Peppard bahkan membahas penggabungan BSC dan CSF dalam mekanisme untuk membantu menetapkan kebutuhan sistem dan teknologi informasi.


Balanced Scored Card Framework

Kelas minggu lalu, dibahas mengenai framework BSC termasuk konsolidasinya dengan CSF mengacu referensi kita. Pembahasan mendalam mengenai BSC ada di SI-516 (Pengelolaan Strategi dan Perubahan) meski muncul juga di mata kuliah lain yang terkait..

Sessi selanjutnya ditambahkan salah satu approach Business Excellence Model (BEM) dari Malcolm Baldrige Criteria for Performance Excellence (MBCfPE). Model ini menjadi acuan BEM di negaranya paman Sam (meski bukan Sam yang kita kenal) yang mirip dengan model di negara-negara Eropa (EFQM ) yang pernah dibahas dalam bedah buku bab-8. Pembahasan lebih difokuskan pada perspektif ke-4 tentang Measurement, Analysis, and Knowledge Management (ini yang di EFQM kurang dibahas mendalam).

Baldrige Criteria for Performance Excellence

Analisa pada kriteria di perspektif ke-4 dapat menjadi masukan dalam menentukan IS/IT requirement, atau prasyarat dalam IS/IT support untuk mendukung kinerja ekselen dari suatu perusahaan.

No comments: