Friday, April 07, 2006

IT Spending Report

Tulisan ini diambil dari rujukan salah satu milis yang mengulas IT Priorities Report: Current and Planned IT Spending periode Maret 2006 dari CNET Network.


Laporan disusun dari hasil survey untuk seluruh industri di US yang mengambil sampling 500 IT Executive di perusahaan dengan jumlah pegawai diatas 500 setiap 30 hari. Pertanyaan survey terkait dengan projek IT yang sedang diimplementasikan saat ini dan 12 bulan ke depan.
Dari trend analisis untuk prioritas belanja IT di triwulan-1 2006 dan perkiraan di 12 bulan ke depan dapat ditampilkan dalam tabel dibawah. Tabel pertama melihat ranking / prioritas trend 3 bulan. Top three IT Spends dipegang oleh Software, yang diikuti oleh Network dan Upgrade Hardware. Jika kita lihat perkiraan 12 bulan ke depan prioritas belanja masih sama. Simbol di kolom trend 3 bulan menunjukkan kecenderungan untuk naik, turun, tidak berubah dan bintang yang menunjukkan bertahan di ranking yang sama.

IT Priorities spending trend analysis: March

Laporan ini juga memperlihatkan ”trafik” belanja IT atau implementasi projek IT yang menjadi material tabel diatas..

Trend in current and planned spending

Projek terkait dengan implementasi software mencapai angka tertinggi dari belanja IT selama 12 bulan terakhir di angka rata-rata 23% diikuti oleh upgrade hardware (18%), dan belanja jaringan (wired & wireless) di angka 16%. Untuk 12 bulan kedepan, projek software diperkirakan turun menjadi 19% dari belanja IT, upgrade hardware akan berada di sekitar 17% sementara belanja jaringan diperkirakan tumbuh menjadi 21%.

Dari porsi pengembangan software tersebut, projek ERP berada di urutan teratas dengan rata-rata 29%, diikuti oleh projek directory service (13%) dibayangi solusi CRM diangka 12%.

Trends in current and planned enterprise software spending

Belanja solusi ERP diperkirakan turun menjadi 25% untuk 12 bulan kedepan, sementara directory service meningkat menjadi 17%. Projek CRM diperkirakan masih berada di porsi 12% dari total belanja pengembangan software.

Pengadaan Server mendominasi belanja hardware (47%) selama 12 bulan terakhir diikuti oleh projek pengadaan storage (21%) di periode yang sama. Meski tidak menyebutkan angka, porsi upgrade desktop/laptop sedikit dibawah pengadaan storage di kisaran 19%-20%. Perkiraan setahun kedepan, upgrade server meski masih mendominasi, menurun menjadi 44%, sedangkan projek investasi storage perkirakan meningkat menjadi 26% dari total investasi hardware.

Trends in current and planned upgrade hardware spending

Projek VoIP dan solusi wireless / mobile relative lebih menjadi fokus perhatian dari belanja jaringan dibandingkan VPN / Remote access ataupun projek pengelolaan / administrasi jaringan. Selama setahun kebelakang projek VoIP menduduki porsi 27% dan diperkirakan akan menguat menjadi 30% untuk satu tahun kedepan. Solusi wireless diperkirakan juga akan mengalami penguatan serupa dari kontribusi 21% menjadi 26% dari pengeluaran IT untuk segmen jaringan dalam 12 bulan ke depan.

Trends in current and planned network spending

Usaha untuk menangani ancaman dunia maya “cyberthreats” dalam satu tahun kebelakang mencapai porsi 29% dari total biaya pengeluaran untuk segmen security, meski kedepan diperkirakan akan menurun menjadi 18%. Selain cyberthreat, projek authentication/ encryption menjadi focus perhatian di segmen ini dimana rata-rata belanja mencapai porsi 20% selama satu tahun lalu dan diperkirakan akan meningkat menjadi 25%.

Trends in current and planned security spending

No comments: