Wednesday, April 12, 2006

Case of Leveraging Narrowband to Broadband

Ada satu case yang menarik terkait dengan soal leveraging narrowband to broadband di Quiz. Pada saat analisa pengguna dial-up (narrowband) melebihi (atau ada di sekitar) threshold biaya flat broadband, unit customer care bisa memberi saran ke pengguna dial-up tersebut untuk beralih ke layanan broadband. Meski boleh jadi migrasi ini bisa meng-kanibal layanan narrowband, namun in terms of Revenue Assurance bisa menguntungkan perusahaan.

Tapi kalau kita mau gali lebih dalam, terkait dengan issue kanibalisasi layanan, kalau toh jadi persoalan antar unit dan sepertinya bisa mengurangi total pendapatan perusahaan, mungkin tidak separah yang dibayangkan. Kecenderungannya, pengguna broadband eks pengguna narrowband, relative melebihi usage dari sisi volume download. Bisa dibayangkan, sebelumnya pengguna dial-up dalam mengakses atau mendownload suatu konten harus menunggu beberapa menit atau jam dan dalam sehari rata-rata menghabiskan waktu sekian jam, setelah upgrade ke broadband, rata-rata penggunaan perhari dipastikan meningkat dan bisa melebihi biaya yang biasa dikeluarkan melalui narrowband. Pada akhirnya total pendapatan perusahaan lebih besar.

Agak berbeda dengan kasus diatas, cerita dibawah ini agak berbeda tapi berkorelasi dan mungkin bisa menambah wawasan.

Saat saya harus berada di UK dan meninggalkan keluarga, saya menggunakan kartu telepon BT seharga 5 Pound yang setara dengan 5 menit percakapan. Dengan biaya tersebut saya menganggarkan satu kartu (5 Pound) untuk katakan dua hari. Beberapa hari kemudian, dari informasi orang Asia lainnya, ternyata ada kartu lain (mungkin VoIP) yang lebih menarik untuk tujuan tertentu. Untuk harga yang sama (5 Pound) dengan menggunakan AsiaCard, setara dengan 15 menit percakapan. Cukup menarik dan bisa menghemat biaya. Tapi tunggu dulu, ternyata pengeluaran anggaran untuk biaya komunikasi relative tetap. Biaya 5 Pound dengan kartu baru bukan berarti dipergunakan untuk katakan 6 hari, namun percakapan justru meningkat dan biaya per dua hari tetap 5 Pound. Artinya penggunaan bukan berbasis dari efektifitas durasi komunikasi namun dari anggaran.

No comments: