Thursday, April 06, 2006

Penjualan SOA diprediksi melonjak 138%

Artikel dari koran Bisnis Indonesia hari Rabu, 05/04/2006
oleh : Arif Pitoyo

JAKARTA (Bisnis): Lembaga riset International Data Corporation (IDC) memproyeksikan pasar arsitektur teknologi informasi berorientasi layanan (service-oriented architecture/SOA) eksternal akan mencapai US$8,6 miliar pada tahun ini, melonjak hingga 138% dari tahun lalu.

Pada 2005, IDC mencatat penjualan SOA di dunia hanya mencapai US$3,6 miliar sementara pada 2010 diprediksi akan mencatat nilai US$33,8 miliar.

Layanan eksternal SOA meliputi integrasi sistem, layanan alih daya, manajemen aplikasi, pendukung, dan pelatihan sumber daya manusia.

"Tidak diragukan lagi, SOA akan menawarkan hasil maksimal bagi vendor layanan TI dalam beberapa tahun mendatang", ujar Marianne Hedin, Manajer Program IDC Dunia, dalam situs resminya.

Menurut dia, penyedia layanan membutuhkan kemampuan yang lebih dalam mengenai SOA dan perlu aktif mengembangkan produknya bersama konsumen untuk mewujudkan arsitektur berorientasi layanan jangka panjang.

Integrasi sistem akan terus memimpin pasar SOA setidaknya dalam lima tahun mendatang yang kebanyakan diadopsi oleh perusahaan yang bergerak di bidang manufaktur, transportasi, distribusi, layanan, dan keuangan terutama di AS.

Setelah AS, yang menjadi pasar terbesar bagi layanan eksternal SOA adalah Eropa, Timur Tengah, dan Afrika (EMEA).

No comments: